Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkop Gandeng Lion Air untuk Promosikan Produk UKM Indonesia

Kompas.com - 09/09/2016, 17:55 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendorong pemasaran produk koperasi usaha kecil dan menengah (KUKM) agar lebih masif, Kementerian Koperasi dan UKM melalui Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (LLP KUKM) menjalin kerja sama dengan maskapai penerbangan nasional Lion Air.

Direktur Utama LLP KUKM Ahmad Zabadi mengatakan, kemitraan dengan Lion Air sangat strategis. Hal ini karena perusahaan tersebut bukan hanya melayani bisnis penerbangan saja tetapi juga ekspedisi pengiriman barang.

"Dengan demikian, produk - produk UKM yang disinergikan dengan Lion Air selain akan di pasarkan di pesawat melalui buku katalog dalam pesawat, juga melalui online," ungkap Zabadi di Kementerian Koperasi dan UKM Jakarta, Jumat (9/9/2016).

Zabadi mengungkapkan, pihaknya menjalin kerja sama dengan Lion Air selama tiga tahun ke depan. Poin kerja sama meliputi promosi prodok UKM di majalah penerbangan Lion Air dan juga ekspedisi pengiriman barang.

Dengan cara ini, diharapkan mampu memangkas biaya kirim produk UKM ke berbagai daerah maupun luar negeri, karena sistem kerja sama dengan Lion Air ini adalah bagi hasil.

Selama ini pihak LPP KUKM memfasilitasi UKM yang ingin mengirimkan produknya melalui jasa ekspedisi, namun tingginya biaya kirim menjadi kendala yang harus dihadapi UKM.

"Dengan Lion ini bisa menekan biaya kirim hingga 30 sampai 40 persen dibandingkan jasa ekspedisi lain, karena Lion punya pesawat dan kargo juga jadi lengkap dari hulu sampai hilir. Itulah mengapa kami menjalin sinergi dengan perusahaan penerbangan Lion Air,"terangnya.

Sebelum melakukan kerja sama dengan Lion Air, pihaknya juga sudah menjalin kerja sama dengan maskapai plat merah yaitu Garuda Indonesia. Namun dalam perjalanannya, tidak bergerak signifikan.

Didirikannya LLP KUKM selama ini berperan penting  untuk membantu pemasaran produk KUKM agar mampu menembus pasar domestik dan global. LLP KUKM selama ini selama ini telah memfasilitasi produk-produk KUKM dengan jumlah ribuan agar diterima oleh pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com