Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbankan Besar Global Pindahkan Operasional ke India

Kompas.com - 13/09/2016, 10:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Beberapa bank besar AS memutuskan untuk memindahkan operasionalnya keluar dari Negeri Paman Sam. Tidak tanggung-tanggung, bank raksasa AS dikabarkan bakal memindahkan kantornya ke India.

Salah satu bank AS yang bakal memindahkan operasionalnya keluar dari AS adalah Morgan Stanley. Pada bulan Januari 2016 lalu, Morgan Stanley menyatakan rencananya untuk memangkas beragam biaya.

Mengutip Business Insider, Selasa (13/9/2016), CEO James Gorman saat itu menyatakan pihaknya memiliki terlalu banyak pegawai yang berkantor di pusat-pusat bisnis berbiaya tinggi. Oleh sebab itu, Morgan Stanley bakal pindah ke pusat-pusat bisnis yang berbiaya lebih murah.

"Sekarang ini saatnya kami mengurangi biaya-biaya infrastruktur kami," ujar Gorman.

Jonathan Pruzan, Direktur Keuangan Morgan Stanley, pun memberikan keterangan terbaru perseroan mengenai upaya pemangkasan beban tersebut. Pruzan berbicara di Barclays Financial Services Conference, Senin (12/9/2016) waktu setempat.

"Kami menyatakan akan memindahkan 1.250 pegawai ke pusat-pusat bisnis terkemuka dengan biaya lebih murah di Mumbai dan bagian-bagian lain di dunia. Sejauh ini kami mempunyai 450 pegawai yang telah ditempatkan di pusat-pusat bisnis itu," jelas Pruzan.

Morgan Stanley bukan satu-satunya bank yang melakukan upaya ini. UBS pun tahun depan berencana memindahkan sekira 2.500 pegawainya ke lokasi-lokasi yang biayanya lebih murah, antara lain Polandia, India, China, dan kota di AS seperti Nashville di negara bagian Tennessee.

Selain itu, sekitar seperempat pegawai Goldman Sachs bekerja di lokasi-lokasi strategis berbiaya murah seperti Bengaluru, India, Salt Lake City, dan Dallas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com