Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Tunggu Pertemuan The Fed, Dollar AS Menguat

Kompas.com - 14/09/2016, 10:24 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Nilai tukar dollar AS mengalami penguatan di pasar perdagangan nilai tukar pada Selasa (13/9/2016) waktu setempat.

Hal ini sejalan dengan antisipasi pasar yang terbentuk sepekan sebelum bank sentral AS Federal Reserve mengadakan pertemuan untuk meninjau kebijakan suku bunga acuan.

Mengutip Channel News Asia, Rabu (14/9/2016), nilai tukar dollar AS terhadap euro tercatat sebesar 1,1217 per dollar AS, dibandingkan dengan 1,1234 per dollar AS sehari sebelumnya.

Adapun nilai tukar dollar AS terhadap yen tercatat sebesar 102,59 yen, melemah dibandingkan 101,85 yen pada Senin. Sementara itu, nilai tukar terhadap poundsterling tercatat sebesar 1,3196 dollar AS, dibandingkan dengan 1,3336 dollar AS sehari sebelumnya.

The Fed akan memulai pertemuan selama dua hari pada Selasa pekan depan. Anggota Federal Open Meeting Committee (FOMC) terbelah dua, di mana ada pihak yang mengeluarkan pernyataan hawkish maupun dovish terkait kenaikan suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR).

Selain itu, kapan kenaikan suku bunga acuan tersebut juga menjadi polemik tersendiri. Suku bunga acuan yang lebih tinggi bisa meningkatkan permintaan terhadap dollar AS.

Namun, dalam beberapa pekan terakhir pasar sudah menerima sinyal yang saling tumpang tindih, khususnya dari para anggota FOMC.

Erik Nelson dari Wells Fargo menyatakan, data ekonomi AS tambahan yang akan dirilis dalam beberapa hari ke depan diharapkan dapat membantu dalam mengklarifikasi arah pasar valas dalam jangka waktu dekat.

"Saya memperkirakan kita akan memperoleh beberapa data dari AS yang dapat memberi arahan terhadap pergerakan euro menjelang pertemuan The Fed pekan depan yang kemungkinan akan memberi dampak terhadap jejak langkah dollar AS dalam pekan-pekan mendatang," ujar Nelson. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com