Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Surplus Nonmigas Dorong Kinerja Neraca Perdagangan RI

Kompas.com - 15/09/2016, 20:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan, neraca perdagangan Indonesia kembali mencatat surplus pada bulan Agustus 2016. Hal ini terutama didukung surplus neraca perdagangan nonmigas.

Surplus neraca perdagangan tercatat sebesar 0,29 miliar dollar AS. Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan surplus pada Juli 2016 yang sebesar 0,51 miliar dollar AS.

"Surplus yang lebih rendah tersebut didorong oleh menurunnya surplus neraca perdagangan nonmigas dan meningkatnya defisit neraca perdagangan migas," kata Direktur Departemen Komunikasi BI Arbonas Hutabarat dalam pernyataan resmi, Kamis (15/9/2016).

Neraca perdagangan nonmigas pada Agustus 2016 mencatat surplus sebesar 0,92 miliar dollar AS, lebih rendah dibandingkan surplus pada Juli 2016 yang sebesar 1,02 miliar dollar AS.

Menurunnya surplus neraca perdagangan nonmigas dipengaruhi peningkatan impor nonmigas (40,9 persen secara bulanan atau mtm) yang melebihi peningkatan ekspor (34,8 persen mtm).

Di sisi migas, defisit neraca perdagangan migas naik dari 0,51 miliar dollar AS pada Juli 2016 menjadi 0,63 miliar dollar AS pada Agustus 2016.

Peningkatan defisit neraca perdagangan migas tersebut dipengaruhi peningkatan impor migas (16,5 persen mtm) yang lebih besar dibandingkan peningkatan ekspor migas (12,9 persen mtm).

"Bank Indonesia memandang bahwa kinerja neraca perdagangan pada Agustus 2016 positif dalam mendukung kinerja transaksi berjalan," ujar Arbonas.

Ia menyatakan, ke depan, BI akan terus mencermati perkembangan ekonomi global dan domestik yang dapat memengaruhi kinerja neraca perdagangan serta mengupayakan agar kegiatan ekonomi domestik terus berjalan dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com