Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Bakal Jual Kepemilikan Saham di 4 Perusahaan

Kompas.com - 18/09/2016, 15:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Raksasa teknologi asal Korea Selatan Samsung Electronics Co Ltd menyatakan bakal menjual kepemilikan sahamnya di empat perusahaan, termasuk di ASML Holding NV dan Seagate Technology Plc.

Dengan penjualan saham ini, Samsung ingin meraup dana untuk tambahan investasi di bisnis inti.

Dalam pernyataannya seperti dikutip dari Reuters, Minggu (18/9/2016), Samsung menyatakan akan menjual separuh kepemilikan sahammya di ASML.

Adapun untuk kepemilikan saham atas Seagate, Samsung akan menjual seluruhnya alias 42 persem.

Selain kedua perusahaan tersebut, Samsung juga akan menjual 0,7 persen kepemilikan sahamnya di Sharp Corp. Samsung juga bakal menjual 4,5 persen kepemilikan saham di Rambus Inc.

Juru bicara Samsung menuturkan, total dana yang dapat diperoleh dari penjualan saham tersebut bisa menembus 1 triliun won atau setara sekira 888.85 juta dollar AS.

Juru Bicara Samsung menolak memberikan keterangan lebih terperinci, termasuk kapan penjualan saham tersebut akan dilakukan.

Data yang diperoleh Reuters, Samsung menjual sekira separuh saham ASML yang dimilikinya seharga 606 juta euro atau setara sekitar 675,99 juta dollar AS.

Pada penutupan perdagangan Jumat (16/9/2016) lalu, saham Samsung di Rambus, Seagate, dan Sharp mencapai nilai 456,4 juta dollar AS.

Samsung Electronics dan afiliasi lain dari Samsung Group telah melakukan divestasi dari operasi non inti. Hal ini juga dilakukan oleh konglomerasi top Korsel lainnya, dengan tujuan untuk meruncingkan fokus bisnis dan melindungi lebih banyak sumber daya dari bisnis inti.

"Tidak ada dampak pada kerja sama bisnis dengan perusahaan yang bersangkutan," ungkap Samsung.

Kompas TV Samsung Hentikan Penjualan Galaxy Note 7

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com