Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Muamalat Salurkan Rp 75 Miliar ke Perusahaan Pengolah Kelapa Sawit

Kompas.com - 21/09/2016, 09:37 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Muamalat Indonesia menyalurkan pembiayaan Al Murabahah sebesar Rp 75 miliar kepada PT PPA Kapital untuk anak perusahaannya, PT Duta Mentari Raya, yang bergerak di bidang pengelolaan kelapa sawit.

Direktur Utama Bank Muamalat Endy Abdurrahman mengatakan, pembiayaan ini sebagai bentuk investasi pembangunan pabrik pengelolaan kelapa sawit di Sengingi, Riau.

"Pembiayaan ini akan dilakukan secara bertahap, yakni tahap pertama sebesar Rp 70 miliar dengan tenor 60 bulan dan tahap kedua sebesar Rp 5 miliar dengan tenor 12 bulan," ujar Endy di Jakarta.

Menurut Endy, Indonesia memiliki potensi besar dalam produksi kelapa sawit. Bank Muamalat optimis kerja sama pembiayaan ini dapat mendukung tumbuhkembangnya potensi dan kualitas industri kelapa sawit nasional.

"Kerja sama dengan PT PPA Kapital merupakan salah satu bagian inisiasi strategis Bank Muamalat di 2016 dalam bidang pembiayaan bisnis korporasi," tutur Endy.

Saat ini, PT Duta Mentari Raya tengah membangun pabrik pengelolaan kelapa sawit yang dijadwalkan rampung pada akhir Desember 2016.

Duta Mentari Raya menargetkan pada Januari 2017 dapat memulai pengolahan kelapa sawit dengan kapasitas 45 ton per jam.

Adapun produk yang dihasilkan Duta Mentari Raya antara lain crude palm oil atau minyak sawit mentah.

Akad pembiayaan Al Murabahah adalah pembiayaan berdasarkan akad jual beli antara bank dan nasabah.

Bank membeli barang yang dibutuhkan dan menjualnya kepada nasabah sebesar harga pokok ditambah dengan keuntungan margin yang disepakati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com