Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Pembangkit Listrik, Barata Berkolaborasi dengan General Electric

Kompas.com - 21/09/2016, 15:38 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Barata Indonesia (Persero) pada hari ini melakukan penandatangan memorandum of understanding (MoU) dengan General Electric (GE), perusahaan multinasional yang induknya berasal dari Amerika Serikat.

Kedua perusahaan tersebut sepakat untuk melakukan kerjasama di bidang pembangkit listrik. Dalam hal ini Barata akan menjadi pemasok komponen dan merupakan bagian dari global supply chain bagi General Electric dalam produk pembangkit listrik.

"Kerjasama dengan General Electric ini merupakan strategi dari Barata Indonesia dalam mewujudkan cita-cita sebagai pemain global serta menjalankan amanah pemerintah untuk meningkatkan local content pembangunan pembangkit listrik di Indonesia," ujar Direktur Utama Barata, Silmy Karim di Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Menurut Silmy, kesepakatan Barata dengan General Electric ini tidak hanya sebatas sebagai pemasok komponen pembangkit listrik saja, tetapi juga disepakati juga dalam hal perawatan, dan after sales service (layanan purna jual) atas produk dari General Electric.

"Kami harus apresiasi dan mendukung kebijakan local content ini. Ini suatu kebijakan yang luar biasa," tutur Silmy.

Meski belum disebutkan besaran nilai kerjasamanya, sebagai pihak yang ditunjuk sebagai koordinator dalam peningkatan dan pemenuhan local content dalam proyek 35.000 megawatt pembangkit listrik PT PLN di Indonesia, partisipasi lokal perusahaan dalam negeri mampu ditingkatkan bahkan hingga mencapai 75 persen.

Adanya MoU tersebut akan berdampak positif bagi Barata Kerjasama. Menurut Silmy, hal ini semakin menguatkan posisi Barata sebagai salah satu perusahaan manufaktur dan heavy construction yang mumpuni di Indonesia.

"Kerjasama tersebut juga akan menajamkan salah satu lini bisnis Barata yaitu di bidang pembangkit listrik," tambah Silmy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com