Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkop Tegaskan KUR Rp 25 Juta Tanpa Agunan

Kompas.com - 24/09/2016, 17:49 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

WONOSOBO, KOMPAS.com - Kredit Usaha Rakyat (KUR) saat ini menjadi vitamin bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ingin mendapatkan suntikan modal dari perbankan dengan bunga 9 persen per tahun.

Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM tengah fokus menjalankan program KUR yang memiliki bunga rendah. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan daya saing UKM dan juga mendorong UKM untuk berkembang dan bermaanfaat bagi ekonomi masyarakat.

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan, penyaluran KUR dengan alokasi sebesar Rp 25 juta tidak menggunakan agunan apapun.

"Saya tegaskan KUR Rp 25 juta tanpa agunan kalau di atas 25 juta menggunakan agunan, ini saya tanyakan kepada teman-teman BNI BRI dan Mandiri, saya minta dengan hormat karena ini ada temuan-temuan baik yang disampaikan melalui DPR, maupun Menko ekonomi," ujarnya di Wonosobo, Sabtu (24/9/2016).

Dia menerangkan, temuan tersebut di antaranya ada bank yang menerapkan agunan, baik BPKB dan sebagainya untuk KUR mikro yang maksimal Rp 25 juta.

"Saya harap dengan hormat bank pelaksana KUR jangan sampai sampai seperti itu," jelas Menkop.

Menteri asal Bali tersebut menjelaskan, KUR yang diberikan kepada UKM bunganya sudah disubsidi oleh perintah dan dijaminkan di Jamkrindo.

"Bagaimanapun juga KUR ini sudah disubsidi oleh pemerintah sebesar Rp 10,5 triliun dan juga sudah ada Jamkrindo yang menjamin itu. Dan logikanya tidak ada lagi jaminan tambahan cukup usahanya itu sebagai pemjamin, cuma kalau tidak punya usaha jangan dikasih kredit," paparnya.

Menkop berharap, agar para bank penyalur KUR dapat memberikan KUR dengan baik sesuai dengan kebijakan pemerintah dalamendukung ekonomi masyarakat.

Sementara itu, penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) hingga akhir Agustus telah mencapai 65 persen dari target penyaluran KUR sebesar Rp 100 triliun. Hingga akhir Agustus, penyaluran KUR telah mencapai Rp 65,2 triliun.

Berdasarkan data dari Kementerian Koordinator Perekonomian, penyaluran KUR untuk mikro telah mencapai Rp 44,7 triliun. Penyaluran KUR untuk retail telah mencapai Rp 20,5 triliun.

Adapun KUR untuk penempatan tenaga kerja Indonesia baru terealisasi sebesar Rp 79,5 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com