Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Hanya Andalkan Tiga Hal Ini

Kompas.com - 27/09/2016, 17:59 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia selama ini hanya mengandalkan tiga hal.

"Selama ini pertumbuhan kita dipengaruhi tiga hal saja yakni belanja negara, konsumsi, dan investasi. Ada satu yang sebenarnya bisa yaitu ekspor. Tetapi ekspor kita masih belum berada pada tahap yang positif," katanya.

Menurutnya, sudah sepatutnya saat ini Indonesia lebih gencar dalam meningkatkan kinerja ekspor, terutama melakukan kerja sama dalam bidang perdagangan baik itu free trade (perdagangan bebas) maupun bilateral.

"Saat ini beberapa perdagangan ada dalam tahap negosiasi," tambahnya. Dengan Australia, perjanjian perdagangan bebas akan selesai dalam waktu satu tahun.

Lalu dengan Eropa, yang 1,5 tahun lagi akan selesai. Berikutnya dengan China dan Amerika Serikat.

"Perdagangan bebas ini harus memperhatikan kepentingan dunia usaha kita secara keseluruhan," jelasnya.

Pemerintah tengah mengupayakan perjanjian kerja sama skema kemitraan ekonomi komprehensif dengan Uni Eropa atau Indonesia-Uni Eropa Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA). 

Jika perjanjian ini berhasil, Indonesia akan mudah mendapatkan akses pasar. Namun kualitas produk seperti kebersihan, kesehatan pangan, teknologi, dan keamanan harus ditingkatkan agar Uni Eropa yakin dengan perjanjian kerjasama skema kemitraan ekonomi komprehensif dengan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com