Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Ingin Tangkap Potensi Kartu Kredit Nasabah "Affluent"

Kompas.com - 27/09/2016, 18:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk melihat besarnya potensi segmen affluent alias menengah ke atas.

Oleh sebab itu, perseroan ingin memperkuat bisnis kartu kredit yang cocok dengan selera dan gaya hidup para nasabah affluent.

Direktur BCA Santoso menjelaskan, perseroan baru saja bekerja sama dengan PT JCB International Indonesia dalam penyediaan kartu kredit bersama.

Menurut Santoso, kerja sama dengan JCB sebetulnya sudah dilakukan sejak lama sebagai mitra acquiring.

"Tahun 2008-2009 kita pernah menerbitkan kartu kredit, tapi saat itu kondisi kartu kredit sedang kurang baik, tidak berkembang dengan baik," kata Santoso di kantornya di Jakarta, Selasa (27/9/2016).

Santoso mengaku, pada periode tersebut bisnis kartu kredit kurang menguntungkan. Pasalnya, kondisi perekonomian dan kondisi pasar kala itu tengah bergejolak.

Namun demikian, setelah tahun 2008 hingga 2009, perseroan melihat pertumbuhan yang cukup pesat pada segmen pasar menengah ke atas.

Oleh sebab itu, BCA ingin menangkap peluang tersebut. "Sebagai gambaran saja, BCA sekarang sudah memiliki 300.000 affluent dan high customer. Mereka cukup signifikan," tutur Santoso.

Selain itu, imbuh Santoso, ada pula tren globalisasi yang menuntut nasabah sering bermobilitas ke luar negeri.

Sehingga, perseroan melihat tren ini sebagai kesempatan untuk menerbitkan kartu kredit bekerja sama dengan prinsipal internasional.

Kerja sama dengan JCB, kata Santoso, tak lepas dari fakta bahwa Jepang adalah salah satu destinasi favorit turis Indonesia.

Selain itu, ada banyak juga pelajar asal Indonesia yang menuntut ilmu di Negeri Sakura tersebut.

"Cukup banyak pariwisata dan keluarga nasabah juga banyak yang menyekolahkan ke sana. Jadi, saya pikir setelah kita lihat satu-satunya yang kuat acceptance di Jepang itu JCB," ungkap Santoso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com