Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo II Siapkan Strategi Mencapai Target "Dwelling Time" Priok 2,5 Hari

Kompas.com - 27/09/2016, 19:30 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah menetapkan waktu bongkar muat atau dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok menjadi 2,5 hari. Guna mewujudkan waktu bongkar muat 2,5 hari di Pelabuhan Tanjung Priok, operator pelabuhan Pelindo II mengatakan telah menyiapkan beberapa langkah dalam menjawab target dari pemerintah.

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya menuturkan, langkah pertama yang diambil pihaknya adalah menyiapkan pelayanan satu pintu di pre-clearance atau waktu pengajuan dokumen pemberitahuan impor barang.

Menurut dia, dalam pelayanan satu atap tersebut akan berkerja sama dengan berbagai pihak mulai dari Ditjen Bea Cukai, Kementerian Perdagangan dan stakeholders lainnya. Kemudian memberikan kewenangan pada petugas yang akan percepat proses pre-clearance.

Hal ini dilakukan untuk mempercepat waktu bongkar muat yang saat ini masih 3,2 hari menjadi 2,5 hari di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Kami terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk melakukan percepatan ini, meskipun sekarang rata-rata waktu bongkar muat 3,2 hari. Dengan langkah ini kita akan upayakan lagi lebih rendah," ujarnya dalam acara Konferensi Perdagangan Internasional, di Gedung Smesco Tower, Jakarta, Selasa (27/9/2016).

Lanjut Elvyn, Pelindo II mengambil beberapa langkah baru di post-clearance dengan mengenakan tarif progresif sehingga barang cepat keluar.

Rinciannya jika barang tidak segera keluar dari pelabuhan, maka di hari ke-2 akan dikenakan denda 300 persen, lalu di hari ke-3 dikenakan denda 600 persen, dan seterusnya.

Dengan cara insentif ini diharapkan pemilik barang segera mengangkat barangnnya dari pelabuhan.

Pelindo II juga akan memberlakukan elektronic billing (pembayaran elektronik). Dengan cara ini proses pembayaran bisa lebih cepat, kontainer atau barang itu bisa lebih cepat keluar.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan rapat bersama direktur utama Pelindo I hingga IV, yakni Bambang Eka Cahyana, Elvyn G Masassya, Orias Petrus Moedak, serta Doso Agung untuk membahas terkait persoalan dwell time.

Sementara itu, saat ini, dwell time di Pelabuhan Tanjung Priok selama 3,2 hari. Namun, waktu tersebut masih dianggap lama.

Presiden Joko Widodo juga meminta pelaksanaan dwell time di Tanjung Priok bisa ditekan hingga 2,5 hari.

Kompas TV Jokowi Ancam Percepatan Bongkar Muat Kapal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com