Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apindo Potong Tumpeng Syukuran Kesuksesan "Tax Amnesty"

Kompas.com - 30/09/2016, 19:13 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sore ini mengadakan syukuran potong tumpeng sebagai ungkapan kebahagiaan atas kesuksesan program pengampunan pajak atau tax amnesty periode pertama.

Ketua Umum APINDO Hariyadi Sukamdani mengatakan Apindo menilai tax amnesty periode satu sukses karena sejumlah parameter sudah menembus target asosiasi.

Misalnya, harta yang dideklarasikan sampai dengan Jumat (30/9/2016) mencapai Rp 3.345 triliun, terdiri dari deklarasi dalam negeri sebesar Rp 2.411 triliun dan deklarasi luar negeri sebesar Rp 934 triliun.

"Waktu itu kami sampaikan target kesuksesan deklarasi kas dan setara kas sebesar Rp 1.000 triliun, dan itu ternyata hari ini sudah terjadi (lebih)," kata Hariyadi.

Parameter kesuksesan lainnya yaitu realisasi uang tebusan yang melebihi target Apindo. Organisasi ini memperkirakan uang tebusan pada periode pertama ini Rp 50 triliun hingga Rp 80 triliun. Realisasi uang tebusan yang masuk per hari ini sudah mencapai Rp 93,7 triliun.

"Ini yang menjadi tolok ukur kami bahwa dalam periode pertama ini sudah suatu keberhasilan seperti yang kami harapkan," imbuh Hariyadi.

Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Hariyadi didampingi sejumlah pejabat asosiasi. Potongan tumpeng pertama diberikan kepada Suryadi Sasmita, Wakil Ketua Umum Apindo yang terlibat langsung mengawal program tax amnesty dari unsur pengusaha.

Berikutnya potongan tumpeng kedua diberikan kepada, Ketua Dewan Pertimbangan Apindo Sofjan Wanandi.

Turut mendampingi seremoni yang dihelat sangat sederhana itu antara lain Ketua Bidang Perdagangan Internasional Apindo Yos Adiguna Ginting serta Wakil Ketua Umum Apindo Shinta Widjaja Kamdani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com