Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekuatan Fiskal Pemerintah Jaminan Pembangunan

Kompas.com - 30/09/2016, 19:50 WIB


KOMPAS.com - Kekuatan fiskal pemerintah menjadi jaminan pembangunan berjalan baik. Pada akhirnya, pembangunan yang berjalan baik menjadikan negara makmur dan aman. Salah satu penentu kekuatan fiskal itu adalah pajak. Maka dari itulah, kata Inspektur Jenderal Polisi (Irjenpol) Boy Rafli Amar, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mendukung program pengampunan pajak.

Bahkan, kata Boy yang juga Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri itu pada Jumat (30/9/2016) tatkala bertandang ke Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Selatan Satu, untuk lebih mendukung program pengampunan pajak itu, dirinya mengimbau jajaran perwira Polri, khususnya, melaporkan kewajiban pajak mereka.

Boy mengaku selama ini dirinya  sudah melaporkan kewajiban perpajakannya dengan benar dan taat. Maka dari itulah,  keikutsertaan dia pada program pengampunan pajak adalah sebagai bentuk ketaatan dan wujud kepedulian sebagai abdi negara.

Lebih lanjut, Boy mengatakan Kapolri Jenderal Tito Karnavian sudah mengimbau hal yang sama. Boy menjelaskan pada Senin (26/9/2016), Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komisaris Jenderal Polisi (Komjenpol)  Ari Dono Sukmanto menyosialisasikan program pengampunan pajak kepada jajarannya. Kala itu, Ari Dono mengajak perwira menengah berpangkat komisaris polisi (kompol) ke atas yang bergaji Rp 4 juta per bulan untuk mengikuti program pengampunan pajak.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada Kamis (29/9/2016) di Markas Besar Polri juga mengimbau jajaran Polri mengikuti program pengampunan pajak, khususnya untuk para perwira menengah ke atas. Lalu,  Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pun telah menginstruksikan seluruh anggota TNI ikut serta dalam program pengampunan pajak.

Catatan Kompas.com menunjukkan, periode pertama program pengampunan pajak akan berakhir pukul 24.00 WIB malam ini. Namun, jumlah harta yang dilaporkan sudah mendekati Rp 3.500 triliun. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak),  pada Jumat (30/9/2016) pukul 18.00 WIB, total harta yang dilaporkan mencapai Rp 3.481 triliun.

Ambaranie Nadia K.M Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com