Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tabungan Masyarakat Cenderung Menurun, Pinjaman Cenderung Meningkat

Kompas.com - 06/10/2016, 21:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) dalam Survei Konsumen mengindikasikan adanya penurunan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada September 2016.

IKK pada September 2016 mencapai 111,0 dibandingkan 113,3 pada bulan sebelumnya. Bank sentral menyebut, ada kecenderungan pertumbuhan tabungan akan menurun pula dalam enam bulan mendatang. Hal ini sejalan dengan terjadinya pelemahan dalam penghasilan.

”Untuk kondisi 6 bulan mendatang sejalan dengan melemahnya penghasilan, konsumen juga memperkirakan pertumbuhan jumlah tabungan tidak setinggi bulan sebelumnya," kata Direktur Eksekutif Statistik dan Moneter BI Hendy Sulistiowati di Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Menurut Hendy, indeks perkiraan posisi tabungan enam bulan mendatang atau pada Maret 2017 berada pada posisi 123. Sementara itu, indeks pada bulan September 2016 sebesar 130.

Indeks yang sama pada Februari 2016 pada angka 128,3. Sementara itu. porsi tabungan terhadap pendapatan meningkat 1,1 persen menjadi 17,8 persen.

Namun demikian, menurut Hendy, indeks ini hanya merupakan kecenderungan dari komponen rumah tangga, sehingga tidak akan terlalu banyak mempengaruhi pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan.

"Pengaruhnya sedikit, sebab DPK itu ada komponen korporasi dan rumah tangga, dan survei ini hanya melibatkan 4.600 responden," ungkap Hendy.

Akan tetapi, lanjut dia, kecenderungan kelompok rumah tangga untuk pinjaman enam bulan mendatang diperkirakan bakal meningkat. Pada bulan Maret 2017 angka indeks perkiraaan posisi pinjaman sebesar 164,6.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com