Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Analis Menilai Positif Aksi XL Axiata Ekspansi Jaringan ke Luar Jawa

Kompas.com - 07/10/2016, 09:45 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah analis menilai positif aksi korporasi PT XL Axiata (EXCL) untuk memperluas jaringannya ke luar Jawa dengan teknologi 3G yang memanfaatkan frekuensi 900 Mega Hertz (MHz) atau dikenal dengan istilah U900.

Ekspansi ini juga dibarengi dengan promosi tarif layanan untuk memberikan pengguna seluler di luar Jawa alternatif layanan operator seluler.

Kepala Riset NH Korindo Securities Reza Priyambada melihat aksi anak usaha Axiata itu jeli untuk semakin membuka pasar di luar Jawa dan menawarkan teknologi baru. Dengan demikian, bisa membuat operator itu menjadi pilihan buat masyarakat.

Menurut dia, dalam industri telekomunikasi isu kinerja berputar seputar konektifitas dan stabilitas jaringan alias kualitas layanan yang bagus.

"Teknologi baru itu bisa berdampak adanya retensi bagus bagi pelanggan di Jawa untuk ke luar Jawa dengan tetap bisa menggunakan nomor XL. Sementara di sisi akuisisi, XL bisa mendapatkan tambahan pelanggan dan pendapatan dari luar Jawa,” kata Reza, Jumat (7/10/2016).

Dia mengakui, pasar telekomunikasi memang paling gurih di Pulau Jawa, terutama kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang.

Tetapi sekarang potensi luar Jawa juga menjanjikan sebab banyak pengembang properti kembangkan proyek di luar Jawa.  "Artinya, potensi pasar memang ada,” katanya.

Dia menambahkan, jika melihat kebutuhan dari masyarakat luar Jawa terhadap layanan telekomunikasi juga lumayan besar, ini tentu menjadi peluang yang harus bisa dimanfaatkan dengan baik.

Reza menyarankan agar XL dalam melakukan penetrasi ke pasar luar Jawa sebaiknya memberikan tarif promosi. Selain itu, juga konsisten menjual keandalan jaringan dan kualitas layanan.

“Dua itu yang dicari masyarakat. Kalau bicara penarifan itu relatif, asal skala ekonomis tercapai sehingga biaya, investasi dan revenue yang didapat ideal,” katanya.

Sementara analis Trimegah Securities Paula Prawinoto melihat bahwa penggunaan U900 akan membawa manfaat untuk meningkatkan kualitas layanan data untuk pelanggan, cakupan jaringan yang lebih luas, customer experience yang lebih baik, dan cost efficiency.

Dari sisi tarif promosi yang diluncurkan XL yang khusus ditargetkan untuk pasar baru di luar Jawa, dipandang tidak akan memicu perang harga, dan masih sejalan dengan strategi emiten melakukan transformasi ke bisnis data.

Siap Bersaing

Sekadar informasi, dari sisi infrastruktur data, ketika bicara layanan 4G, layanan 4G XL adalah yang terbesar di pasar nasional.

Saat ini, jaringan 4G LTE dari XL ada di 86 kota dan akan terus bertambah. Selain kota-kota besar, layanan 4G XL juga menjangkau kota-kota menengah dan bahkan kota kecil.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com