Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Jitu Menikmati Liburan Hemat yang Menyenangkan

Kompas.com - 08/10/2016, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim liburan sebentar lagi tiba. Sebagai persiapan untuk memanfaatkan momen liburan di akhir tahun, ada banyak yang bisa kita persiapkan dulu sejak dini.

Sebagai contoh, kamu bisa mulai mempersiapkan tujuan tempat berlibur, kegiatan yang akan dilakukan, dan juga budget untuk berlibur. Persiapan untuk budget liburan diperlukan agar kamu tidak sampai kesulitan untuk mempersiapkan seluruh biaya mendekati tanggal kamu pergi berlibur.

Bicara soal menghemat budget pergi liburan, ada beberapa jalan yang bisa kamu lakukan untuk menikmati liburan hemat namun tetap menyenangkan:

Cara pertama, hindari berlibur jauh di masa liburan. Tanggal-tanggal menjelang akhir tahun merupakan hari-hari yang mahal untuk pergi berlibur. Kamu bisa coba untuk memilih pergi berlibur jauh hari sebelumnya (misalnya di awal Desember), sedangkan liburan akhir tahun dihabiskan di daerah lokal. Harga tiket transportasi, akomodasi, maupun objek wisata cenderung lebih murah di luar tanggal-tanggal merah atau tanggal liburan.

Cara kedua, gunakan alternatif pesawat jika tujuan liburan tidak terlalu jauh. Misalkan kamu dari Jakarta dan ingin berlibur ke Bali. Kalau ingin menghemat tiket pesawat, kamu bisa mencoba jalur alternatif dengan menggunakan kereta dan feri untuk menuju Bali. Jika kamu orang yang menikmati perjalanan, maka cara ini cukup ampuh untuk memberikan suasana baru saat berlibur.

Cara ketiga, beli paket liburan. Menjelang bulan-bulan musim liburan, banyak agen perjalanan dan biro travel yang menawarkan paket khusus liburan. Kamu bisa menghemat uang dan waktu dalam merencanakan itinerary saat menggunakan jasa mereka. Kamu juga bisa coba menanyakan potongan harga untuk perjalanan rombongan.

Cara keempat, gunakan tiket terusan. Banyak objek-objek wisata yang saling bekerjasama untuk menawarkan tiket terusan. Tiket terusan umumnya mencakup dua atau lebih ijin masuk objek wisata. Harganya juga jauh lebih murah dibandingkan kamu membeli setiap tiket masuk sendiri-sendiri. Kamu bisa coba mencari harga tiket terusan di situs agen travel lokal.

Cara kelima, manfaatkan promo musim liburan. Selain agen perjalanan, banyak pula hotel atau maskapai penerbangan yang menawarkan promo berlibur. Biasanya kamu bisa bisa mendapatkan promo terus asalkan bertransaksi dengan kartu kredit tertentu. Pastikan kamu memiliki kartu kredit yang tepat untuk memanfaatkan berbagai promo tersebut.

Bijaklah dalam mempersiapkan budget liburan agar kondisi keuangan kamu tetap stabil dalam jangka panjang.

Kompas TV Ini Liburan ala Peserta Tour de Singkarak 2016

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com