Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Indeks Sektoral Menguat, IHSG Dibuka Naik Tipis

Kompas.com - 13/10/2016, 09:32 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada pembukaan perdagangan saham Kamis (13/10/2016).

Pada pukul 09.03 WIB IHSG berada di level 5.375,33 atau naik 10,72 poin (0,2 persen) dibanding level penutupan hari sebelumnya di 5.364,61.

Kenaikan IHSG sejalan dengan penguatan bursa Amerika Serikat (AS) di Wall Street. Indeks Dow Jones terkerek naik 0,09 persen. Sedangkan indeks S&P 500 naik 0,11 persen.

Wall Street sendiri sedang mencari momentum untuk penguatan, setelah pergerakan saham di hari ini berada di bawah pergerakan rata-rata selama 100 hari.

Pada Kamis ini, sebanyak delapan sektor mendukung penguatan IHSG. Sektor pertambangan masih menjadi sektor yang menguat paling besar, yakni 0,55 persen. Hal ini didorong oleh penguatan harga minyak mentah dunia di kisaran 50 dollar AS per barel.

Sementara dua sektor yang dibuka melemah yakni aneka industri dan properti, masing-masing turun 0,23 persen dan 0,05 persen.

Dari data RTI, sebanyak 84 saham dibuka menguat pada pembukaan sesi I perdagangan saham hari ini. Sebanyak 32 saham dibuka turun dan 59 saham dibuka tetap.

Net foreign sell di semua papan perdagangan masih besar, yakni Rp 14,5 miliar. Mengindikasikan masih ada investor asing yang melepas portofolionya untuk aksi ambil untung.

Di pasar reguler, net foreign sell tercatat sebesar Rp 12,3 miliar.

Sejumlah saham pendorong bursa yakni UNTR, JPFA, ICBP.

Kompas TV Pengampunan Pajak Rampung Bikin IHSG Menguat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com