Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Asian Games 2018, Bandara Palembang Berbenah Diri

Kompas.com - 13/10/2016, 13:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com - Bandara International Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) di Palembang, Sumatera Selatan tengah melakukan berbagai persiapan. Ini terkait dengan penyelenggaraan pesta olahraga Asian Games 2018 di kota tersebut.

General Manager Bandara SMB II Iskandar Hamid menjelaskan, berbagai persiapan yang dilakukan PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelola bandara antara lain relayout atau penataan ulang bandara.

Selain itu, AP II juga melakukan pembangunan skybridge untuk menghubungkan antara bandara dengan terminal LRT (Light Rail Transit) jalur Bandara-Jakabaring.

"Kami memperluas area yang ada, relayout saja baik di (terminal) kedatangan maupun keberangkatan. Sehingga, penumpang bisa lebih leluasa, terutama di boarding lounge," ujar Iskandar di kantornya di Palembang, Kamis (13/10/2016).

Iskandar mengungkapkan, pihaknya juga akan mengoptimalkan lantai 3 terminal penumpang yang selama ini dibiarkan kosong.

Dalam menghadapi lonjakan penumpang saat penyelenggaraan Asian Games 2018, lantai tiga di gedung terminal bandara SMB II akan disulap menjadi ruang tunggu penumpang.

Menurut Iskandar, AP II juga akan melakukan penambahan tiga unit fixed bridge. Garbarata juga akan ditambah, dari yang saat ini berjumlah lima buah menjadi delapan buah.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasi dan Teknik AP II Djoko Murjatmodjo mengungkapkan, proyek perluasan dan pengembangan bandara SMB II merupakan rencana jangka panjang. Adapun pelaksanaan Asian Games 2018 merupakan pemacu percepatan proyek tersebut.

"Asian Games adalah kondisi yang memacu kita melakukan percepatan pembangunan perluasan kapasitas. Asian Games bukan satu-satunya target, tapi pemacu agar kita bisa menyediakan kapasitas dan fasilitas yang lebih baik," ungkap Djoko.

Kompas TV Palembang Siap Gelar Asian Games 2018

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com