Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Miangas Bersiap Sambut Presiden Jokowi

Kompas.com - 19/10/2016, 07:43 WIB
Aprillia Ika

Penulis

MIANGAS, KOMPAS.com - Persiapan terus dilakukan oleh panitia dan Paspampres untuk menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Miangas, Rabu ini (19/10/2016).

Rencananya, Jokowi dan rombongan akan datang ke Miangas pukul 09.00 WITA dari Manado.

Jokowi akan meresmikan Bandar Udara Miangas, Bandar Udara Tanjung Api Tojo Una-una di Ampena dan Bandar Udara Kasiguncu di Poso.

Hadir dalam acara tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadhi dan jajarannya.

Miangas menjadi pusat peresmian tiga bandar udara tersebut mengingat letaknya sebagai pulau perbatasan paling utara di Indonesia dan hanya berjarak 48 mil dari Filipina.

Pembangunan Bandar Udara Miangas bertujuan untuk prasarana pertahanan dan keamanan serta untuk distribusi pangan.

Bandar Udara Miangas selesai dibangun pada 2015. Pada tahun tersebut, nilai investasi yang digelontorkan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub), mencapai Rp 55 miliar. Jika dirunut sejak 2012, maka total investasi pembangunan Bandar Udara Miangas oleh Kemenhub sudah mencapai Rp 215 miliar.

Kemenhub juga membangun sejumlah bandar udara seperti Bandar Udara Dekai di provinsi Papua. Nilai investasinya totalnya sekitar Rp 230 miliar.

Lalu Bandar Udara Tanjung Api Tojo Una-una di Ampena, dengan nilai invstasi total Rp 76,47 miliar sejak 2010. Kemudian Bandar Udara Kasiguncu di Poso dengan nilai investasi total Rp 102,29 miliar sejak 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com