Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instrumen Investasi Apa Saja yang Menguntungkan Saat Ini?

Kompas.com - 19/10/2016, 16:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksanaan program pengampunan pajak atau tax amnesty yang dilakukan pemerintah dianggap berhasil dan diyakini mampu menggenjot perekonomian.

Dengan adanya program amnesti pajak, instrumen investasi apa yang menguntungkan dan sepatutnya Anda pilih?

Wealth Management and Insurance Product Head PT Bank CIMB Niaga Tbk Vera Margaret mengungkapkan, investasi berupa saham dan obligasi rupiah cocok dipilih mulai kuartal IV 2016 ini.

Alasannya, berbagai indikator perekonomian mendukung kinerja kedua jenis aset tersebut.

Vera menjelaskan, pihaknya memproyeksikan pada kuartal IV 2016 pasar saham Indonesia akan lebih positif di tengah keberhasilan program amnesti pajak yang secara jangka menengah dan jangka panjang memiliki dampak positif terhadap laba perusahaan yang melantai di bursa.

"Rally yang terjadi belakangan ini di dalam saham adalah dampak dari kebijakan pelonggaran ekonomi yang dilakukan pemerintah dan BI (Bank Indonesia), namun laporan laba perusahaan harus dicermati," ungkap Vera dalam acara Diskusi Bersama CIMB Niaga di Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Terkait outlook obligasi, Vera menjelaskan bahwa tren suku bunga yang rendah dan dampak amnesti pajak membuat aset obligasi menjadi menarik.

Akan tetapi, CIMB Niaga memisahkan outlook obligasi dalam rupiah dan dollar AS. Dia mengungkapkan, tren suku bunga yang masih bergerak menuju level rendah membuat instrumen investasi obligasi dalam rupiah menjadi menarik.

Hal ini ditambah lagi dengan faktor sentimen dari kebijakan amnesti pajak. "Ada faktor juga rupiah berpeluang menguat di tengah keberhasilan program tax amnesty," terang Vera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com