Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Jomblo? Jauhkan Kebiasaan Ini Agar Keuangan Aman

Kompas.com - 21/10/2016, 18:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kita masih Jomblo atau biasa disebut solo player biasanya kita bebas untuk melakukan hal apapun karena tidak ada yang menjadi halangan kita.

Tidak menghabiskan uang untuk pacaran, Tidak memikirkan biaya untuk rumah tangga. Tak jarang ketika para jomblo ini gajian biasanya mereka ini mulai menghambur-hamburkan uang hanya demi kesenangan semu semata.

Sebenarnya tidak ada salahnya menghibur diri dengan membeli barang-barang yang kita mau dengan uang kita sendiri.

Tetapi jika kamu ingin masa depan yang indah, maka mulai sekarang kamu harus mulai memikirkan keuangan mulai dari sekarang.

Jangan karena kamu jomblo dan belum mempunyai tanggung jawab apa-apa, kamu malah menghambur-hamburkan uang secara percuma.

Ingat itu mubazir! Berikut adalah kebiasaan yang mulai harus kamu hindari agar keuangan aman, terutama buat yang masih jomblo:

1. Boros

Sudah tidak asing jika manusia mendengar kata boros. Banyak para jomblo biasanya sangat-sangat boros, Apalagi ketika mereka menerima gaji pertama. Seakan-akan mereka ingin membeli seluruh barang yang sudah didaftar selama ini. Padahal itu hanya lapar mata saja.

Di era modern ini juga tak lengkap rasanya jika kita tidak nongkrong bersama teman-teman. Apalagi Jomblo yang sangat hobi makan atau minum di kafe-kafe yang harganya mahal setiap akhir pekan.

Coba bayangkan jika setiap akhir pekan kamu nongkrong di suatu kafe dengan pengeluaran minimal Rp100.000 setiap nongkrong. Jika dalam sebulan kamu hangout bersama teman-teman empat kali.

Maka pengeluaran kamu hanya untuk hangout saja Rp 400.000. Angka yang cukup banyak bukan?

Sebenarnya boleh-boleh saja kamu hangout bersama teman-teman, tapi mungkin frekuensinya di kurangi menjadi sebulan dua kali saja, sisanya cobalah ajak teman untuk nongkrong di rumah yang biauanya lebih sedikit.

2. Tidak Punya Investasi

Banyak jutawan-jutawan muda sukses karena mempunyai investasi, entah itu investasi emas, properti ataupun saham. Bagi kamu yang masih jomblo, justru Ini kesempatan untuk berinvestasi.

Kenapa? Karena kamu masih jomblo dan bisa lebih fokus untuk mengatur investasi. Sayangnya, saat jomblo banyak sekali yang terlalu santai. Justru itu jangan sampai terjadi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com