Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas "Brexit," Perbankan Besar Ancam Kabur dari Inggris

Kompas.com - 24/10/2016, 07:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Perbankan besar bersiap-siap untuk memindahkan operasionalnya dari Inggris pada awal tahun 2017 karena kekhawatiran akibat keluarnya negara tersebut dari Uni Eropa atau Brexit.

Demikian pernyataan dari Asosiasi Bankir Inggris (BBA). Ketua BBA Anthony Brown menyatakan perbankan yang ukuran bisnisnya lebih kecil juga akan pindah dari Inggris pada tahun 2017. Menurut Browne, perdebatan publik maupun politik saat ini membawa bisnis ke arah yang salah.

"Tangan mereka (perbankan) bersiap memencet tombol 'pindah'," ujar Browne seperti dikutip dari BBC, Senin (24/10/2016).

Komentar Browne ini sama seperti yang diungkapkannya pada konferensi BBA yang dihelat pekan lalu. Kala itu, ia menyatakan perbankan sudah mempersiapkan tim untuk mempelajari operasional mana yang akan dipindahkan serta kapan dan bagaimana memindahkannya.

"Perbankan lebih terdampak Brexit ketimbang sektor ekonomi lainnya, baik dalam hal dampak dan skala implikasinya. Sejauh ini, inilah industri ekspor terbesar Inggris dan paling mobile secara internasional ketimbang bisnis lainnya, namun memiliki hak dan aturan hukum untuk melayani nasabah lintas batas dari Uni Eropa," papar Browne.

Sebelumnya, juru bicara kubu Demokrat Liberal Tom Brake menyatakan jika proses Brexit tidak berjalan dengan mulus, maka ini akan mengancam industri keuangan membayar pajak sebesar 65 miliar poundsterling setiap tahun.

"Pemerintahan Konservatif harus menjelaskan bagaimana mendanai shortfall ini kalau Inggris meninggalkan pasar tunggal," jelas Brake. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com