Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Akan Gelontorkan Rp 54 Miliar untuk Bangun SPBU di Wilayah Terpencil

Kompas.com - 24/10/2016, 13:30 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) akan menggelontorkan dana hingga Rp 54 miliar untuk membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah-wilayah terpencil Indonesia.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), IGN Wiratmaja Puja menuturkan, upaya tersebut dilakukan untuk meminimalisir ketimpangan harga bahan bakar minyak (BBM) di pelosok Indonesia.

"Rp 54 miliar ini kata Pertamina akan digunakan untuk mebuat SPBU-SPBU di daerah-daerah terpencil," ujar Wiratmaja saat menggelar diskusi di Ruang Wijarso, Gedung Migas, Jakarta, Senin (23/10/2016).

Menurut Wiratmaja, upaya tersebut dilakukan Pertamina dalam merespon permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan adanya keseragaman harga BBM di seluruh Indonesia.

Rencananya, pengerjaan awal akan dilaksanakan pada 2017 mendatang di beberapa titik di wilayah terpencil. "Tahun 2017 dengan dana Rp 54 miliar pembangunannya seperti di Kraya, Wamena dan sebagainya di daerah-daerah terpencil," ucap Wiratmaja.

Seperti diketahui sebelumnya, ketimpangan harga BBM ini mendapat perhatian khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam lawatannya beberapa waktu lalu ke wilayah-wilayah terpencil di Indonesia.

Jokowi kala itu meminta Pertamina untuk menangani permasalahan ketimpangan harga, sehingga masyarakat di pelosok mendapatkan harga yang seadil-adilnya tanpa merasa dibeda-bedakan di setiap wilayah.

Dengan terciptanya keseragaman harga, Jokowi berharap pembangunan di pelosok-pelosok daerah dengan cepat bisa terlaksana.

Kompas TV Sejumlah SPBU Dicek untuk Hindari Kecurangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com