Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Akan Dilintasi LRT Palembang, PGN Relokasi Beberapa Ruas Pipa Gas

Kompas.com - 31/10/2016, 17:37 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) merelokasi beberapa ruas pipa gas bumi yang ada di Palembang, Sumatera Selatan karena akan digunakan untuk jalur Light Rail Transit (LRT) Palembang.

"Beberapa ruas pipa gas bumi PGN harus dipindahkan karena akan digunakan untuk jalur LRT Palembang," kata Sekretaris Perusahaan PGN, Heri Yusup dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Senin (31/10/2016).

Menurut Heri, tim lapangan PGN setiap harinya melakukan koordinasi dengan tim lapangan PT Waskita Karya (Persero), untuk memastikan letak pipa gas bumi dapat diamankan untuk dilakukannya pekerjaan secara paralel dengan pembangunan LRT.

"Ditargetkan seluruh pekerjaan akan selesai dalam 1 sampai 2 hari ini. Setelah itu Waskita bisa bekerja bebas dan mempercepat penyelesaian proyek LRT Palembang," ucap Heri.

Sales Area Head PGN wilayah Palembang, Makmuri mengungkapkan, selain merelokasi pipa gas, PGN juga memperluas jaringan gas bumi rumah tangga di Palembang, dan dalam waktu dekat akan ada sekitar 1.500 rumah tangga yang menikmati gas bumi dari PGN.

"Untuk rumah tangga tahun ini sebanyak 1.009 rumah sudah dipasangi pipa gas, kami lagi pasang sekitar 500 rumah lagi," tutur Makmuri.

Makmuri menambahkan, di Palembang saat ini PGN sudah memasok gas bumi ke 5.993 pelanggan, yang terdiri dari 5.703 rumah tangga, 78 pelanggan komersil seperti hotel, rumah sakit, cafe dan restoran, serta 9 pelanggan industri dan pembangkit listrik.

Secara nasional hingga saat ini PGN menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.600 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.900 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.580 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com