Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK: Pembiayaan Pembangunan Sulit Dihimpun karena Tingkat Menabung Rendah

Kompas.com - 31/10/2016, 17:58 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan pentingnya menabung di industri jasa keuangan, baik perbankan maupun industri keuangan non bank (IKNB). Pasalnya, sumber dana dari dalam maupun luar negeri harus dilakukan semaksimal mungkin.

"Kami berharap seluruh lapisan masyarakat dapat memanfaatkan produk industri keuangan tidak hanya di tabungan perbankan, namun juga pada sektor industri keuangan non bank," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad saat memberi sambutan pada Peringatan Hari Menabung Sedunia, Senin (31/10/2016).

Muliaman menjelaskan, produk IKNB yang dapat digunakan sebagai sarana menabung antara lain menabung untuk perlindungan di asuransi, menabung untuk cicilan di lembaga pembiayaan, dan menabung untuk hari tua di dana pensiun.

Masyarakat juga bisa menabung emas di penggadaian serta saham maupun reksa dana di pasar modal. Menurut Muliaman, rendahnya tingkat menabung masyarakat tidak akan cukup dalam membiayai pembangunan. Padahal, kesenjangan tabungan dan investasi harus ditutup.

"Pada akhirnya kebutuhan pembiayaan harus dipenuhi dari luar negeri, dengan utang dan sumber-sumber lainnya," jelas Muliaman.

Ia memberi contoh adalah apa yang terjadi di Jepang. Pada tahun 1970-an, Jepang sedang giat-giatnya melakukan pembangunan dan diimbangi dengan tingginya rasio menabung. "Rasio menabungnya mencapai 40 persen. Makanya pertumbuhan ekonominya bisa tumbuh pesat," ujar Muliaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com