Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Pesawat Hilang Kontak di Ilaga, Tim SAR Bentuk Tiga Posko

Kompas.com - 31/10/2016, 20:36 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuat tiga posko untuk mendukung pencairan pesawat kargo jenis Caribou yang hilang kontak dalam penerbangan dari Timika dan Ilaga. 

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Bambang S Ervan mengatakan, tiga posko tersebut yakni Posko Ilaga untuk penempatan personel gabungan yang terdiri dari SAR, TNI AD, dan Pasukan Khusus (Paskas).

Kemudian, Posko JILA untuk mendukung suplai bahan bakar avtur yang saat ini sudah disiapkan sebanyak enam drum.

"Satu lagi Posko Terminal Bandara Moses Kilangin sebagai pusat pengkoordinasian pelaksanaan pencarian dengan komando Danlanud Timika," ujarnya saat ditemui di Kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (31/10/2016). 

Bambang mengungkapkan, saat ini kegiatan pencarian pesawat jenis Caribou ini dihentikan sementara, sebab kondisi cuaca yang tidak mendukung di area hilangnya pesawat tersebut.

"Rencananya kegiatan pencarian akan dilanjutkan besok mulai pukul 05.30 WITA dengan menggunakan helikopter milik Airfast Indonesia," kata dia. 

Sekadar Informasi, pesawat kargo jenis Caribou dengan nomor registrasi PK SWW dinyatakan hilang kontak saat lakukan penerbangan dari Timika ke Ilaga.

Pesawat tersebut berangkat dari Timika pukul 07.57 WIT dan hilang kontak pukul 08.23 WITA.

Pesawat ini diterbangi oleh pilot Farhat Limi, First Officer (FO) R Fendi Ardianto, Engineer Steven dan Flight Operation Officer (FOO) Andi Baringan. Pesawat kargo tersebut dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Puncak.

Kompas TV Pesawat Cessna C208 Tergelincir di Landas Pacu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com