Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudahkan Pelanggan, PLN Luncurkan Aplikasi Berbasis Android

Kompas.com - 31/10/2016, 21:29 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Dalam upaya memberikan kemudahan kepada para pelanggan, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) meluncurkan layanan platform aplikasi berbasis android.

Peluncuran aplikasi tersebut dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk Pontianak, dalam rangkaian peringatan Hari Listrik Nasional ke-71, Senin (31/10/2016).

General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Barat, Bima Putrajaya mengatakan, moda pelayanan informasi melalui aplikasi ini dinamakan PLN Mobile yang bisa diunduh secara gratis di perangkat telepon pintar berbasis android.

Aplikasi tersebut, selain memuat informasi besaran tagihan listrik pelanggan, juga melayani pasang baru, tambah daya serta bisa digunakan untuk melaporkan gangguan kelistrikan.

"Semua layanan itu bisa diperoleh pelanggan hanya melalui aplikasi PLN Mobile. Kami luncurkan aplikasi PLN Mobile tepat dengan peringatan HLN ke-71, sebagai bentuk upaya peningkatan pelayanan kepada pelanggan," kata Bina dalam konferensi pers yang digelar di Kantor PLN Wilayah Kalbar, Senin (31/10/2016).

Dengan adanya aplikasi ini, pelanggan dimudahkan untuk mengetahui berbagai jenis informasi terkait kelistrikan melalui berbagai fitur yang disajikan pada aplikasi ini.

"Pelanggan bisa mengecek tagihan dan riwayat token listrik, prediksi biaya listrik bulanan dan biaya permohonan pasang baru serta tambah daya, informasi tarif listrik terkini, status pengaduan dan permohonan up to date serta berita terkini dari PLN," jelas Bima.

Prosedur pengaduan yang disampaikan masyarakat melalui PLN Mobile langsung terkoneksi dan terupdate ke Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) dan Aplikasi Pelayanan Keluhan Terpadu (APKT).

"Setelah itu barulah pengaduan ini disampaikan ke unit atau wilayah pelanggan yang bersangkutan, agar ditindaklanjuti," paparnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com