Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Danamon Gelontorkan Rp 17 Miliar untuk Bantu Revitalisasi Pasar Tradisional

Kompas.com - 01/11/2016, 14:57 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Danamon Tbk melalui Yayasan Danamon Peduli menggelontorkan dana Rp 17 miliar pada tahun 2016 untuk program revitalisasi pasar rakyat. Adapun program tersebut dinamakan "Pasar Sejahtera" sehat, hijau, bersih, terawat.

Hal itu dilakukan dalam mewujudkan tujuan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan.

“Program Pasar Sejahtera merupakan komitmen kami untuk merevitalisasi pasar rakyat dengan memberdayakan pelaku pasar dan bekerja sama dengan pemerintah serta otoritas setempat," ujar Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi dalam diskusi dengan media di Resto Seribu Rasa Menteng, Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Restu menambahkan, mewujudkan pasar rakyat yang bersih dan selaras dengan perkembangan tata kota merupakan fokus dalam program tersebut.

Adapun program yang dilakukan dalam revitalisasi tersebut diantaranya revitalisasi fisik, revitalisasi non fisik, seperti peningkatan kapasitas kelembagaan dan edukasi masyarakat hingga literasi keuangan dan kegiatan promosi pasar rakyat.

Dari data Yayasan Danamon peduli saat ini sudah terdapat delapan pasar percontohan atau pasar dampingan diantaranya Pasar lbuh Payakumbuh Sumatera Barat, Pasar Tejoagung Metro, Lampung, Pasar Bunder Sragen Jawa Tengah.

Selain itu Pasar Grogoian Pekalongan Jawa Tengah, Pasar Karangwaru Yogyakarta, Pasar Baru-Kota Probolinggo, Jawa Timur, Pasar Lambocca Bantaeng Sulawesi Selatan dan Pasar Pandansari Balikpapan, Kalimantan Timur.

Atas keberhasilan tersebut Yayasan Danamon Peduli berkesampatan mewakili lndonesia di Konferensi Persatuan Bangsa-Bangsa Habitat III di Quito, Ekuador.

"Danamon Peduli sangat bangga dan bersyukur bahwa program Pasar Sejahtera mendapat pengakuan dari dunia internasional khususnya PBB," pungkas Restu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com