Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Tegaskan Kelangkaan BBM Hanyalah "Hoax"

Kompas.com - 01/11/2016, 19:29 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Patra Niaga, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) memastikan tidak ada kelangkaan BBM seperti yang sempat marak beredar di media sosial sejak akhir bulan Oktober 2016.

"PT Pertamina (Persero) bersama PT Pertamina Patra Niaga menyikapi isu-isu yang beredar dengan serius, terutama yang menyangkut ancaman terhadap kepentingan masyarakat seperti isu mogok para awak mobil tanki (AMT) yang mengakibatkan terganggunya distribusi BBM," papar VP Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Arsono Kuswardanu dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Selasa (1/11/2016).

Arsono mengatakan, sejak tadi pagi aksi mogok memang terjadi, namun hanya melibatkan sejumlah kecil AMT (sekitar 60 orang) yang tergabung dalam Serikat Buruh Transportasi Perjuangan Indonesia-Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (SBTPI-FBTPI).

Sementara AMT lainnya tetap bekerja normal seperti biasa, sehingga distribusi BBM ke wilayah Jabodetabek sampai saat ini berlangsung lancar.

Sepanjang hari ini, setiap mobil tanki yang keluar dari TBBM Plumpang dikawal oleh satu orang tenaga keamanan, satu orang sopir, serta asisten untuk memastikan seluruh mobil tanki dapat beroperasi dengan aman dan selamat kembali ke depot.

"Kami menyesalkan peredaran isu tersebut. Kami mengimbau agar masyarakat tetap kritis terhadap isu-isu yang beredar, serta yakin bahwa Pertamina Patra Niaga tidak akan membiarkan ancaman yang tidak bertanggung jawab seperti itu, yang akan mengganggu kepentingan vital masyarakat," tegas Arsono.

Menurut dia, PT Pertamina Patra Niaga akan selalu memastikan distribusi BBM kepada masyarakat tidak terganggu.

PT Pertamina Patra Niaga juga senantiasa menerapkan sejumlah antisipasi untuk menjamin keamanan dan kelancaran distribusi BBM di Jabodetabek. Dengan koordinasi bersama TNI dan Polri, terbukti pada hari ini distribusi BBM dapat berlangsung normal dan tidak terjadi kelangkaan pada SPBU seperti yang sempat dikhawatirkan.

Sebelumnya, menjelang akhir bulan Oktober, beredar isu di media sosial bahwa para AMT di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang PT Pertamina (Persero), Jakarta, akan melakukan aksi mogok kerja pada tanggal 1 November 2016.

Aksi tersebut berpotensi mengakibatkan kelangkaan BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) wilayah Jabodetabek. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com