Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Targetkan 50.000 Kartu Kredit Berlabel JCB

Kompas.com - 02/11/2016, 07:19 WIB

KOMPAS.com - Bank Rakyat Indonesia (BRI) menargetkan 50.000 kartu kredit berlabel JCB (Japan Credit Bureau) sebagai realisasi kerja sama dengan perusahaan tersebut pada awal 2017. Direktur BRI Sis Apik Wijayanto mengatakan hal itu saat konferensi pers perhelatan turnamen golf Indonesia Open 2016 di Jakarta pada Selasa (1/11/2016). Dalam kesempatan itu, hadir pula  Direktur JBC International Indonesia Koichiro Wada. (Baca: Bank BRI-JCB Indonesia Open 2016 Kembali Setelah Setahun Absen)
 
Sis mengakui, kerja sama pihaknya dengan JCB sudah terjalin cukup lama. Laman pilihkartu.com mencatat bahwa kerja sama BRI dengan  JCB International Indonesia berlangsung kali pertama pada Agustus 2015. "Kami ingin meningkatkan kerja sama ini untuk yang lebih bagus lagi terutama untuk international payment (pembayaran internasional)," tutur mantan Pemimpin Kantor Wilayah Jakarta II BRI ini.

Lebih lanjut, Sis mengatakan pada bulan ini, kerja sama akan ditandai dengan pra-peluncuran (pre-launching). "Awal mulanya, kita melakukan pengenalan dulu," ujar pria yang pernah menjadi Direktur Bank Tabungan Negara (BTN) pada 2015 ini.

Hingga kini, kata Sis, BRI mempunyai keanggotaan 1.050.000 kartu kredit. Ini belum termasuk target kerja sama BRI dengan JCB tahun depan. Sementara, jumlah nasabah keseluruhan (costumer base) BRI mencapai 60 juta.

Wealth management

Sementara itu, sampai dengan sekarang, ada sekitar 37.000 nasabah wealth management BRI. "Nanti kami bisa tingkatkan kerja sama dengan JCB ini untuk nasabah-nasabah Prioritas," pungkas Sis Apik Wijayanto.

Pada kesempatan berikutnya, Koichiro Wada menerangkan keikutsertaan JCB International Indonesia sebagai sponsor turnamen golf profesional tertua di Indonesia tersebut adalah yang pertama kali. Sejauh ini, ucapnya, kartu JCB sudah diterima penggunaannya pada 25 lapangan golf di seluruh Indonesia.

Lagi, catatan dari laman pilihkartu.com menunjukkan BRI mematok pertumbuhan bisnis kartu kredit minimal 25 persen per tahunnya. Sementara, ada lebih dari 21.215 mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan 153.786 mesin EDC di seluruh Indonesia. Setiap tahun, BRI menambah pula 85.000 mesin EDC.

JCB yang memulai bisnis kartu kreditnya di Negeri Matahari Terbit pada 1961 mulai memperluas usahanya ke seluruh dunia pada 1981. Kartu JCB kini diterbitkan di 21 negara dan kawasan dengan lebih dari 95 juta anggota.

     

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com