Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amerika Serikat Jadi Pasar Terbesar Ekspor Provinsi Bali

Kompas.com - 02/11/2016, 14:03 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Amerika masih jadi negara tujuan terbesar ekspor dari Bali. Data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali tercatat pada bulan September 2016, ekspor dari provinsi ini ke Amerika Serikat mencapai 10,41 juta dollar AS.

Jumlah ekspor tersebut mencapai 26,22 persen dari total keseluruhan nilai besaran ekspor dari Bali ke negara lainnya yang totalnya mencapai 40,5 juta dollar AS.

"Amerika masih menjadi mitra terbesar bagi Bali pada bidang ekspor. Urutan kedua Australia yang nilainya jauh lebih kecil," kata Kepala BPS Provinsi Bali, Adi Nugroho, Denpasar, Selasa (2/11/2016).

Urutan ketiga adalah Singapura dengan nilai ekspor mencapai 2,86 juta dollar AS.

Adapun lima komoditas utama yang diekspor pada bulan September 2016 yaitu ikan dan udang, perhiasan, pakaian jadi bukan rajutan, perabotan dam penerangan rumah tangga, dan kayu, barang dari kayu.

"Untuk ekspor dari Bali, paling besar adalah ikan dan udang. Bali memang selalu unggul di bidang ekspor ikan dan udang," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com