Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina EP Gandeng BUMD Garap Area Operasi Trembul

Kompas.com - 02/11/2016, 18:30 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina EP dan PT Sarana GSS Trembul menandatangani perjanjian kerja sama operasi (KSO) area Trembul.

PT Pertamina EP mendapatkan hak eksklusif melaksanakan operasi minyak dan gas bumi di area operasi Trembul dari BP Migas (sekarang SKK Migas) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2013.

Selanjutnya, PT Pertamina EP menetapkan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah (BUMD milik Pemerintah Daerah Jawa Tengah) sebagai mitra terpilih untuk melaksanakan operasi minyak dan gas bumi di lokasi tersebut.

Dalam rangka melaksanakan operasi tersebut, PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah melakukan joint venture dengan 655 Energy Limited dengan membentuk perusahaan patungan bernama PT Sarana GSS Trembul.

"Area Operasi Minyak dan Gas Bumi Trembul terletak di Desa Talokwohmojo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah," ujar Direktur PT Sarana GSS Trembul, Bambang Mulyadi di Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Bambang menyebutkan, luas area operasi ini sebesar 47,6 kilometer persegi, terletak 15 km di sisi barat Kota Blora.

Area operasi ini ditemukan oleh perusahaan Beianda, Nederiandsche Koloniale Petroleum Mij (NKPM), yang merupakan anak perusahaan Standard Oil of New Jersey (kini dikenal sebagai Exxon) pada 1917.

Bambang mengatakan, PT Sarana GSS Trembul berkomitmen kepada PT Pertamina EP untuk melaksanakan program kerja tiga tahun senilai 7,6 juta dollar.

Dana tersebut antara lain digunakan untuk pengeboran empat sumur dan kegiatan akuisisi seismik.

"Sumur pertama (SGT-01) direncanakan mulai dibor pada Juni 2017 dan mulai berproduksi sebulan kemudian," terang Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com