Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI dan Kemenkominfo Dorong UMKM “Go Online”

Kompas.com - 02/11/2016, 21:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menandatangani perjanjian kerja sama pengembangan UMKM melalui platform digital.

Kerja sama ini guna mendukung program 1 Juta Domain. Nota kesepahaman diteken Menkominfo Rudiantara dan Direktur Utama BRI Asmawi Syam.

Kerja sama tersebut dimaksudkan untuk mendorong pelaku UMKM di Indonesia agar merambah platform online.

“Sebagai bank yang fokus pada segmen UMKM, BRI mendukug program 1 Juta Domain Gratis untuk UMKM yang diinisiasi Kemenkominfo dalam meningkatkan transaksi e-commerce di Indonesia,” ujar Corporate Secretary BRI Hari Siaga Amijarso dalam pernyataan resmi, Rabu (2/11/2016).

Program 1 Juta Domain adalah pemberian nama domain Indonesia gratis selama satu tahun. Sasarannya adalah UMKM yang memiliki potensi penjualan online, yang juga diberikan pelatihan pembuatan dan pengelolaan website.

Hari menjelaskan, program ini menguntungkan bagi nasabah UMKM BRI, karena dengan memiliki website maka penjual tak lagi dibatasi ruang dan waktu.

Selain itu, nasabah UMKM juga memiliki jangkauan lebih luas dan manajemen usaha yang lebih efektif.

“Sehingga akan meningkatkan daya saing serta skill digital entrepreneur untuk menghadapi bukan hanya persaingan di pasar domestik, tetapi di masa mendatang juga akan menjangkau pasar internasional,” jelas Hari.

BRI, imbuh Hari, telah melakukan sosialisasi internal di 12 kantor wilayah di 10 provinsi. Perseroan juga akan terus sosialisasi di seluruh Indonesia dan memberi pelatihan pembuatan serta pengelolaan website kepada nasabah.

Kompas TV Transaksi E-Commerce Indonesia Masih Rendah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com