Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi Akuisisi Newmont oleh Medco Tuntas

Kompas.com - 02/11/2016, 22:10 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) telah menyelesaikan transaksi akuisisi 50 persen kepemilikan atas PT Amman Mineral Investama, sebuah perusahaan yang memiliki 82,2 persen saham PT Newmont Nusa Tenggara (Newmont).

Transaksi akuisisi pertama kali diumumkan pada 30 Juni 2016 dan sudah mendapat persetujuan dari pemerintah dan pemegang saham.

Presiden Direktur Medco Energi Hilmi Panigoro mengatakan, transaksi ini langsung memberikan nilai tambah dan merupakan pencapaian yang sangat penting bagi perusahaan dan semua pemangku kepentingan termasuk pemerintah Indonesia.

"Dengan operasi Newmont yang berskala dunia, Medco Energi sebagai perusahaan swasta nasional memasuki tranformasi dari kelas dunia menjadi skala dunia," kata Hilmi melalui keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Sebagaimana diketahui Newmont mengoperasikan tambang tembaga dan emas Batu Hijau di Kepulauan Sumbawa.

Newmont juga memiliki prospek eksplorasi dan temuan cadangan yang besar di Elang. Semua lokasi tersebut masih termasuk dalam kontrak karya yang dimiliki.

Pada tahun 2015, produksi Batu Hijau sendiri mencapai 240 juta lbs tembaga dan 0,3 juta oz emas.

Presiden Komisaris Medco Energi Muhamad Lutfi mengatakan, dengan akuisisi Newmont, perusahaan beraspirasi menjadi salah satu kontributor pembangunan ekonomi nasional.

Selain itu, ia mengatakan Medco Energi berharap dapat unggul dalam kompetisi global, serta mempromosikan kemajuan dan inovasi.

Pendiri Medco Energi Arifin Panigoro menyampaikan, langkah selanjutnya yakni memastikan Indonesia yang kaya akan sumber daya alam bisa memiliki sumber daya dengan kualitas, efisiensi dan utilitas tinggi untuk meningkatkan daya saing.

"Akses ke sumber energi, mineral, dan tenaga kerja berkualitas tinggi adalah hak asasi dari setiap warga Indonesia. Dan itulah sebabnya, Medco Energi ada," kata Arifin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com