Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deutsche Bank Tepis Isu Bangkrut dan Gagal Bayar Utang 425 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 03/11/2016, 20:33 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Deutsche Bank angkat bicara terkait isu bangkrut akibat terlilit krisis keuangan termasuk kabar gagal bayar utang 425 miliar dollar AS.

"Saya ingin katakan banyak sekali berita yang beredar, salah satunya 425 miliar dollar AS gagal bayar, itu berita salah, itu adalah hoax," ujar Chief Country Officer Deutsche Bank Indonesia Kunardy Lie di Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Ia menuturkan, kondisi keuangan Deutsche Bank masih baik. Menurut Kunardy, kondisi itu bisa terlihat dari laporan keungan bank terbesar asal Jerman itu.

"Deutsche Bank global tiga bulan ini menghasilkan net revenue 7,5 miliar euro, naik tiga persen dari tahun lalu. Net income 270 juta euro. Angka-angka itu mematahkan berita kurang benar selama ini," kata Kunardy.

Sementara itu terkait denda 14 miliar dollar AS atau Rp 181 triliun akibat  penjualan efek beragun aset properti (mortgage-backed securities), Deutsche Bank mengatakan masih negosiasi dengan Department of Justice (DoJ) Amerika Serikat.

"Pada dasarnya DoJ mengatakan 14 miliar dollar AS itu hanya angka yang mereka tetapkan. Tetapi kami tidak akan setel segitu, kita akan setel di angka yang jauh lebih rendah," kata Kunardy.

Sebelumnya, DoJ menuntut Deutsche Bank untuk membayar denda sebesar 14 miliar dollar AS atas kasus penjualan efek beragun aset properti (mortgage-backed securities). Kasus tersebut dianggap turut menyebabkan krisis keuangan di AS pada 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com