Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membeludak, KAI Daop I Izinkan Penumpang KA Jarak Jauh Tidak Cetak "Boarding Pass"

Kompas.com - 04/11/2016, 19:09 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi I Jakarta (Daop I) memperbolehkan penumpang untuk tidak mencetak boarding pass tiket kereta api (KA) jarak jauh.

Junior Manager Humas KAI Daop I Mahendro menjelaskan, penumpang hanya menunjukan tiket biru atau kode booking tiket dan kartu tanda pengenal kepada petugas. Setelah itu, petugas akan mevalidasi kode booking tersebut dengan menyesuaikan data manifest yang ada.

"Jadi tidak masalah tidak cetak tiket, karena buru-buru kan. Tetapi harus mencocokan data manifest yang dilakukan oleh petugas," ujar Mahendro kepada Kompas.com di Stasiun Jatinegara, Jakarta, Jumat (4/11/2016).

Mahendro menuturkan, pihaknya juga telah memperpanjang masa pengalihan keberangkatan kereta api dari Stasiun Gambit ke Stasiun Jatinegara. Pengalihan keberangkatan ke Stasiun Jatinegara diperpanjang dari pukul 19.15 menjadi pukul 22.15.

"Setelah melihat kondisi di Gambir kami perpanjang. Jadi para penumpang yang tidak bisa ke Gambir jangan khawatir bisa ke Jatinegara," tandas dia.

Sebelumnya, KAI Daop I mengalihkan keberangkatan KA jarak jauh dari Stasiun Gambir ke Stasiun Jatinegara. Pengalihan itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya demo 4 November yang dilakukan ormas islam di Istana Negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com