Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Hanya Tumbuh 5,02 Persen, Perlu Akselerasi Belanja Pemerintah

Kompas.com - 08/11/2016, 07:32 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membaiknya neraca perdagangan Indonesia, nilai tukar yang menguat dan tren penurunan suku bunga, belum memberikan sumbangsih yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga tahun ini.

Badan Pusat Statistik kemarin telah mengumumkan produk domestik bruto hanya tumbuh 5,02 persen di kuartal III dibandingkan kuartal II yang tumbuh 5,19 persen secara tahunan.

"Kebijakan pemerintah memotong anggaran pada kuartal tiga, sebelum didapatkannya pendapatan tambahan dari tax amnesty memberikan sedikit perlambatan pada perekonomian. Kedepan, akselerasi belanja pemerintah menjadi sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi," kata Ekonom Bahana Securities, Fakhrul Fulvian dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Selasa (8/11/2016).

Investasi hanya tumbuh 4,06 persen secara tahunan, dibandingkan kuartal kedua yang tumbuh sebesar 5,06 persen. Belanja pemerintah turun sebesar 2,97 persen secara tahunan, dibandingkan kuartal dua yang tumbuh 6,23 persen secara tahunan. Pertumbuhan ekspor turun 6 persen dari tahun lalu.

"Kami melihat dampak dari penguatan nilai tukar rupiah dan harga komoditas yang mulai membaik belum terefleksi pada data GDP kuartal 3, namun akan terlihat pada pertumbuhan ekonomi dalam dua kuartal kedepan, karena hal ini akan berdampak pada peningkatan daya beli masyarakat yang tercermin pada tingkat konsumsi," jelas Fakhrul.

Konsumsi masyarakat pada kuartal ketiga tumbuh sebesar 5,01 persen dari tahun lalu, relatif stabil degan pertumbuhan kuartal dua yang tumbuh sebesar 5,06 persen year on year.

Konsumsi masyarakat masih menjadi kontributor terbesar terhadap PDB, namun belum mampu menutupi penurunan konsumsi pemerintah yang memangkas anggaran belanja sebesar Rp 133,8 triliun dalam APBN-P 2016.

Bahana memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tumbuhan sebesar 5,4 persen pada tahun depan karena ditopang oleh pelonggaran moneter yang masih terbuka hingga tahun depan serta harga komoditas yang membaik akan memberi dampak positif terhadap kinerja ekspor.

Sementara itu dari sisi investasi, Indonesia masih menjadi pasar yang menjanjikan bagi investor, apalagi pemerintah masih terus berupaya untuk memperbaiki iklim investasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com