Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo II Ambil Alih Pengelolaan Pelabuhan Sintete dan Agats

Kompas.com - 09/11/2016, 17:00 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo ) II berencana mengambil alih pengoperasian dua pelabuhan Unit Pelaksana Teknis (UPT)  yang sebelumnya dikelola Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dua pelabuhan itu yakni Pelabuhan Sintete di Kalimantan Barat dan Pelabuhan Agats di Papua.  

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya mengatakan, alasan perusahaan ingin mengelola karena dua pelabuhan tersebut belum optimal dalam beroperasi. Selain itu, jumlah kapal yang datang belum terlalu banyak. 

"Ini disarankan dikelola oleh Pelindo II. Dengan pengalaman Pelindo II,  bisa ada penambahan traffic dan barang yang masuk ke dua pelabuhan itu," ujar Elvyn saat ditemui di Kantor Hipmi, Jakarta, Rabu (9/11/2016). 

Elvyn menuturkan, Pelindo II akan meremajakan alat-alat yang terdapat di dua pelabuhan tersebut. Juga akan menambah alat bongkar muat.

"Akan ada kerja sama dengan perusahaan jasa pelayaran agar cargo dan barang bisa datang lebih tinggi frekuensinya ke tempat tersebut.  Diharapkan distribusi barang akan lebih cepat masuk ke seluruh Indonesia sehingga cost logistik bisa rendah dari sebelumnya," ucap dia.

Elvyn mengungkapkan, skema pengelolaan dua pelabuhan tersebut adalah kerja sama operasi dengan Kemenhub. Artinya, Kemenhub masih menjadi pemilik dua pelabuhan tersebut, tetapi pengoperasiannya dilakukan oleh Pelindo II. 

Namun, dirinya tidak menjelaskan kapan akan mengambil alih pengelolaan dua pelabuhan tersebut.

"Ke depan, kami juga mengundang perusahaan perkapalan dan pelaku ekonomi yang berkaitan dengan distribusi barang sehingga bisa datang ke  pelabuhan tersebut," tandas dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com