Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI Bangun "Holding" BUMN, Khazanah dan Temasek Diundang untuk Tukar Pikiran

Kompas.com - 10/11/2016, 14:06 WIB
Estu Suryowati

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Perusahaan induk investasi milik pemerintah Malaysia Khazanah Nasional Berhad dan Singapura, Temasek Holdings dalam dua pekan mendatang akan dihadirkan ke Indonesia untuk diajak diskusi terkait holding BUMN.

"Dua minggu lagi kami akan bertemu dengan Khazanah dan Temasek," kata Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Aloysius Kiik Ro, dalam diskusi Outlook BUMN 2016 di Depok, Jawa Barat, Kamis (11/10/2016).

Dijumpai di sela-sela diskusi itu, Aloysius menyampaikan, kedatatangan Khazanah dan Temasek adalah dalam rangka memenuhi undangan dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia (UI).

Sebelumnya Kementerian BUMN juga pernah berdiskusi dengan kedua holding negara tetangga untuk melihat acuan pembentukan holding.

Sehingga, dalam pertemuan dua pekan yang akan digelar itu rencananya BUMN akan melakukan validasi dari patokan yang selama ini sudah diikuti.

Aloysius mengatakan, dari diskusi mendatang, diharapkan BUMN sudah menempuh jalur yang tepat.

"Dari pertemuan itu nanti kiranya BUMN dan Khazanah serta Temasek lebih intens berdiskusi perihal implementasi, karena konsep itu sudah dilakukan," imbuh Aloysius.

Menurut Aloysius, rencana enam holding yang disusun pemerintah saat ini cukup kompetitif jika disandingkan dengan Khazanah maupun Temasek.

Enam holding yang dimaksud yaitu, minyak dan gas, pertambangan, perbankan dan jasa keuangan, konstruksi dan jalan tol, pangan, serta perumahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com