Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Induk "Holding" Jasa Keuangan, Danareksa Tunggu Persetujuan Politik

Kompas.com - 10/11/2016, 15:42 WIB
Estu Suryowati

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — PT Danareksa (Persero) masih menunggu selesainya proses politik soal pembentukan holding badan usaha milik negara (BUMN) pada sektor jasa keuangan.

Presiden Direktur Danareksa Sekuritas Marciano Hersondrie Herman mengatakan, saat ini perseroan menunggu kabar dari Kementerian BUMN, selaku pemegang saham terkait proses politik tersebut. Holding jasa keuangan ini ditargetkan selesai sebelum akhir tahun.

"Kalau kami, sudah siap (jadi induk). Itu kan tinggal proses politiknya bagaimana untuk mendapatkan persetujuan dari berbagai pihak," kata Marciano dalam diskusi BUMN Outlook 2016 di Depok, Jawa Barat, Kamis (10/11/2016).

Menurutnya, diperlukan peraturan pemerintah sebagai payung hukum penunjukan Danareksa sebagai induk dari holding BUMN jasa keuangan.

Dalam holding tersebut, Danareksa akan membawahkan empat bank pelat merah, yakni BRI, BNI, Mandiri, serta BTN.

Selain keempat bank tersebut, Danareksa juga akan membawahkan Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM).

Mengenai prosesnya, Marciano mengatakan, perusahaan BUMN tersebut tinggal memasukkan sahamnya ke Danareksa. "Sekarang kami sudah persiapkan, sosialisasi karyawan, membenahi kelengkapan portofolionya. Jadi, biasa (prosesnya), seperti nambah anak perusahaan lagi saja," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com