Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Tangan" KPK dalam Tim Reformasi Pajak

Kompas.com - 29/11/2016, 16:31 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan bahwa Tim Reformasi Pajak akan segara diumumkan dalam waktu dekat.

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto memastikan, ada unsur Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di dalam Tim Reformasi Pajak.

"Ya tentu ada dari luar, para prominent person lah ya, dari KPK juga ada, dari internal pajak itu harus, pasti," ujar Hadiyanto di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Namun, ia belum mau menyebutkan waktu pasti Tim Reformasi Pajak akan diumumkan. Ia tidak ingin mendahului pernyataan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Meski begitu, Hadiyanto mengatakan bahwa orang-orang yang berada di Tim Reformasi Pajak memiliki kemampuan di berbagai bidang.

"Intinya, adalah bagaimana tim reformasi ini bisa mengaddress berbagai isu baik isu pelayanan, isu governance, isu SDM, maupun isu trust dan integrity," katanya.

Sebelumya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan akan membentuk tim reformasi Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

Menurut ia, tim itu akan mereformasi dan memperbaiki tata kelola Ditjen Pajak. Reformasi diperlukan guna menghindarkan Ditjen Pajak dari praktik korupsi.

Pembentukan tim reformasi ini sebagai reaksi Kemenkeu terkait penangkapan Kasubdit Bukti Permulaan Direktorat Penegakan Hukum Ditjen Pajak Kementerian Keuangan, Handang Soekarno, oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com