Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Dorong Industri Keuangan di Indonesia Lebih Bertanggung Jawab terhadap Lingkungan

Kompas.com - 01/12/2016, 11:00 WIB

NUSA DUA, KOMPAS.com — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggandeng anak usaha Bank Dunia, International Finance Corporation (IFC) dan Sustainable Banking Network (SBN), untuk mendorong implementasi keuangan berkelanjutan (sustainable finance) di Indonesia.

Sustainable finance merupakan sebuah inisiatif bagi industri keuangan untuk lebih bertanggung jawab terhadap aspek lingkungan dan sosial dalam penyaluran pinjamannya.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan, pelaksanaan program keuangan berkelanjutan diperlukan guna mengurangi risiko terkait dengan lingkungan dan sosial. Program ini juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dalam jangka panjang.

Untuk mengimplementasikannya, industri keuangan harus mengikuti sejumlah guideline yang ada guna memberi perhatian terhadap aspek lingkungan dan sosial.

"Inisiatif sustainable finance tidak terbatas pada perbankan, tetapi juga industri keuangan lainnya. OJK dan pemerintah berkomitmen untuk mendukung program ini dengan menyusun roadmap hingga tahun 2019," ujarnya dalam pembukaan Sustainable Finance Forum, Kamis (1/12/2016).

Menurut Muliaman, salah satu yang akan dilakukan adalah mendorong para pelaku industri keuangan untuk menerbitkan sustainability report atau laporan keberlanjutan terkait dengan penyaluran pembiayaan.

Tak sebatas untuk mengimplementasikan roadmap dari OJK, sustainability report juga akan membantu meningkatkan nilai perusahaan yang bersangkutan.

"Kami akan memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang telah menjalankan sustainability report ini. Penghargaan tersebut memungkinkan perusahaan yang menerimanya lebih disukai oleh pemegang saham," kata Muliaman.

Sementara itu, Vice President Corporate Risk and Sustainability IFC Ethiopis Tafara mengatakan, pembangunan berkelanjutan tidak akan bisa terlaksana tanpa sistem keuangan yang kuat dan bertanggung jawab.

"Karena itu, Jaringan Perbankan Berkelanjutan (SBN) telah menjadi kekuatan besar dalam mempercepat pengadopsian praktik lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan yang menyokong sistem keuangan yang stabil dan bertanggung jawab," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com