Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Akhir Tahun, Ini Strategi Kemenhub Atasi Kemacetan di Tol Cipali

Kompas.com - 06/12/2016, 18:35 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaku telah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi potensi kemacetan di tol Cikopo-Palimanan (Cipali) khususnya pintu keluar tol Brebes Timur (Brebes Exit/Brexit) pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2017.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Kemenhub telah bekoordinasi dengan kepolisian dan pengelola jalan tol untuk mengantisipasi kemacetan di Brexit.

"Kami sudah melakukan rapat secara intensif, beberapa tempat akan menjadi perhatian dalam upaya pengendalian lalu lintas," ujar Budi Katya dalam jumpa pers rencana operasi angkutan Natal dan Tahun baru 2017 di Kantor Kemenhub Jakarta, Selasa (6/12/2016).

"Secara khusus Brexit akan dikendalikan dengan suatu cara yang lebih intensif dengan mengendalikan pintu tol," lanjut Budi Karya.

Selain itu, terang Budi Karya, Kemenhub telah bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk menyelesaikan perlintasan sebidang yang terdapat di pintu keluar tol Cipali.

"Kami juga akan mengendalikan persimpangan, dan mengendalikan pasar tumpah. Kami juga akan membatasi truk tiga sumbu," katanya.

Terkait dengan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM), Budi Karya meminta Pertamina untuk mendistribusikan BBM di area Tol Cipali.

Salah satunya, dengan menyediakan tangki BBM mobile. "Kami akan sediakan beberapa tempat, bisa tangki, bisa dengan beberapa dirigen kecil, tetapi kami minta Pertamina untuk distribusi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com