Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Komoditas Pokok Diprediksi Naik

Kompas.com - 07/12/2016, 15:45 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Ikatan Pedangan Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatan, ada beberapa komoditas pokok yang akan mengalami kenaikan harga jelang Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

"Yang kami prediksi akan naik hingga akhir tahun beras, sayur-mayur, daging, minyak goreng, bawang putih, cabai dan telur itu yang kami prediksi akan ada kenaikan harga di pertengahan bulan Desember," ujarnya Mansuri kepada Kompas.com, Rabu (7/12/2016).

Menurutnya, saat ini kenaikan harga sudah mulai terlihat dan perlu diantisipasi karena berpotensi harga komoditas pokok akan semakin meningkat.

"Biasanya di tahun-tahun sebelumnya mulai ada kenaikan harga itu di pertengahan bulan Desember, karena permintaannya mulai meningkat dari tanggal 15 sampai dengan awal Januari, dan periode tersebut biasanya harga stabil tinggi," tambahnya.

Menurut Mansuri, semestinya pemerintah sudah tahu bahwa sebentar lagi akan ada Natal dan Tahun Baru artinya ada kenaikan konsumsi oleh masyarakat.

"Harusnya pemerintah mengevaluasi dan menjaga titik-titik produksi mana saja yang rawan gagal panen, itu seharusnya yang sudah mulai dipetakan dari sekarang, agar tidak berantakan di hilirnya," tegas Mansuri.

Dia mencontohkan, terkait harga cabai saat ini, bila diantisipasi dari jauh-jauh hari tidak akan harganya seperti saat ini.

"Caranya mudah jika melihat pasokan ke Jakarta berkurang maka dipasok dari wilayah-wilayah produksi lain karena yang memegang data itu Kementerian Pertanian tidak sulit semestinya," kata Mansuri.

Berdasarkan data Info Pangan Jakarta Rabu (7/12/2016) di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, terlihat ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga.

Cabai merah kriting Rp 45.000 per kilogram, naik Rp 1.000 dari hari sebelumnya, cabai rawit merah Rp 43.000 per kilogram, naik Rp 3.000 dari hari sebelumnya. Cabai rawit hijau Rp 35.000 per kilogram, naik Rp 4.000 dari hari sebelumnya.

Selanjutnya, bawang merah Rp 22.000 per kilogram, naik Rp 2.000 dari hari sebelumnya, bawang putih stabil dengan harga Rp 32.000 per kilogram.

Hanya cabai merah besar yang alami penurunan harga Rp 35.000 per kilogram, turun Rp 5.000 dari hari sebelumnya.

Kompas TV Harga Cabai di Mojokerto Meroket

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com