Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelanggan Listrik 450 VA Tetap Peroleh Subsidi

Kompas.com - 08/12/2016, 20:20 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Sofyan Basir memastikan pelanggan listrik golongan rumah tangga dengan daya 450 Volt Ampere (VA) tetap mendapatkan subsidi dari pemerintah tahun depan.

"Tidak ada yang dikurangi, tetap penuh kami berikan subsidi," kata Sofyan di sela-sela Diskusi Akhir Tahun Ketenagalistrikan: Kinerja 2016 dan Outlook 2017, di Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Sofyan mengatakan, adapun untuk pelanggan listrik golongan rumah tangga dengan daya 900 VA, mayoritas diantaranya akan dicabut subsidinya secara bertahap."Yang 900 VA, hampir pasti sebagian besar tidak dapat subsidi. Karena mereka itu merupakan kealpaan, kesalahan. Harusnya tidak layak mendapatkan subsidi," ujar Sofyan.

Dalam kesempatan sama, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman menjelaskan, dari jumlah pelanggan golongan rumah tangga dengan daya 900 VA yang sebanyak 23 juta pelanggan, hanya 4,1 juta pelanggan yang masih mendapat subsidi listrik.

Sementara itu, seluruh pelanggan golongan rumah tangga dengan daya 450 VA sekitar 22 pelanggan tetap memperoleh subsidi listrik. "Subsidinya hampir Rp 23,9 triliun," kata Jarman.

Meskipun pemerintah akan menghapus subsidi listrik untuk pelanggan 900 VA, namun Jarman menyampaikan industri/bisnis kecil dan sosial tetap berhak mendapatkan subsidi listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com