Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Posko, Telkom Konsentrasikan Bantuan Bencana di Pidie Jaya

Kompas.com - 10/12/2016, 08:34 WIB
M Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mendirikan Posko Bencana di Pidie Jaya, Aceh. Posko ini akan mengkoordinasikan berbagai bantuan yang  dihimpun oleh BUMN.

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan pendirian posko tersebut dalam kerangka BUMN Hadir untuk Negeri. Tugas posko nantinya untuk menindaklanjuti bantuan tanggap darurat pasca gempa bumi Aceh, sekaligus mempercepat distribusi bantuan kepada para korban.

"Melihat besarnya skala kerusakan akibat gempa bumi ini, kami (BUMN Indonesia) telah berkoordinasi untuk secepat mungkin menghimpun dan mendistribusikan bantuan untuk masyarakat yang terdampak," ujar Arif, Kamis (8/12/2016).

Arif mengatakan pihaknya memang telah ditunjuk sebagai salah satu koordinator bantuan BUMN. Untuk menindak lanjuti penugasan itu Telkom langsung bekerja sama dengan aparat setempat untuk mendirikan tiga posko.

"Satu posko kami fungsikan sebagai posko utama untuk mengkoordinasikan bantuan dari BUMN, sementara dua posko lainnya sebagai dapur umum dan penampungan pengungsi," kata Arif.

Dia menjelaskan, penempatan posko memang dipusatkan di Pidie Jaya mengingat daerah tersebut mengalami kerusakan paling parah. Posko bencana ini menyediakan obat-obatan ringan dan fasilitas telepon gratis.

"Kami telah mengalokasikan bantuan Rp 500 juta dan dana tersebut nantinya digunakan untuk operasional ketiga posko selama lima hari ke depan, termasuk untuk penyediaan sembako dan obat-obatan," ujar Arif.

Dok Telkom Penempatan posko Telkom dipusatkan di Pidie Jaya mengingat daerah tersebut mengalami kerusakan paling parah. Posko bencana ini menyediakan obat-obatan ringan dan fasilitas telepon gratis.
Tim Terra

Saat ini, masyarakat yang membutuhkan bantuan maupun informasi bisa menghubungi Posko Gempa Aceh BUMN tersebut di nomor telepon 0653-51200 atau langsung mendatangi posko yang berlokasi di Plasa Telkom Meureudu, Jl Iskandar Muda Meureudu, Pidie Jaya.

Arif berharap dengan berdirinya ketiga posko itu penyaluran bantuan dapat didistribusikan lebih efektif dan sesuai kebutuhan di lapangan.  

"Untuk dapur umum kami buka dua tempat, masing-masing di Pesantren Al-Hijrah, Gampong, Kecamatan Meureudu, dan Masjid Jamik, di Kecamatan Ulim, Pidie Jaya," papar Arif.

Selain dapur umum dan posko, Telkom juga menerjunkan Terra atau TelkomGroup Emergency Response and Recovery Activity. Pelibatan tim Terra itu dilakukan segera setelah bencana terjadi untuk memberikan pertolongan dan memberikan bantuan masyarakat yang terkena dampak bencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com