Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permudah Pembayaran BPJS Kesehatan, Bank Mandiri Gandeng Tokopedia

Kompas.com - 15/12/2016, 15:08 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk bekerja sama dengan perusahaan e-commerce Tokopedia dalam memperluas akses dan mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Senior Vice President Bank Mandiri Teddy Y Danas dan Direktur Utama Tokopedia William Tanuwijaya, disaksikan Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans.

Dengan itu, Bank Mandiri akan menyiapkan layanan paket pembayaran online (PPOB) Modern Channel pada aplikasi Tokopedia yang memungkinkan masyarakat pengguna Tokopedia untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan menggunakan Mandiri Clickpay, Mandiri Kartu Kredit dan Kartu Debit, dan Mandiri Ecash.

Rico menjelaskan, sebagai mitra BPJS Kesehatan, pihaknya berkomitmen untuk aktif memperluas akses pembayaran bagi masyarakat, khususnya melalui akses elektronik sehingga pembayaran iuran BPJS Kesehatan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

"Kami menyadari, kemudahan akses sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan keaktifan masyarakat dalam membayar iuran BPJS Kesehatan mengingat iuran tersebut dibutuhkan untuk memberikan layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia," ujar Rico di Plaza Mandiri Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Rico menambahkan, pembayaran iuran BPJS Kesehatan di Bank Mandiri dapat dilakukan melalui lebih dari 22.500 jaringan kantor cabang serta merchant-merchant retail yang telah bekerja sama dengan Bank Mandiri seperti Alfamart.

Di samping itu, pembayaran dapat dilakukan melalui jaringan elektronik seperti ATM, Internet Banking dan Mobile Banking. Direktur Utama Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan, layanan pembayaran iuran BPJS Kesehatan sudah dimulai sejak bulan September 2016.

“Namun, baru hari ini grand launching. Selama masa pre-launching, kami sudah memproses miliaran rupiah premi. Dengan ini juga, Tokopedia menjadi marketplace pertama Indonesia yang bisa menerima pembayaran BPJS Kesehatan," ungkap William.

Sementara itu, berdasarkan data Bank Mandiri pada periode Januari hingga September 2016, pembayaran iuran BPJS melalui Bank Mandiri tercatat sebesar Rp 25,5  triliun yang dilakukan melalui lebih dari 274.000 transaksi badan usaha dan 5,43 juta transaksi peserta.

Kompas TV BPJS Masih Defisit Hingga Rp 7 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com