Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Masyarakat Sudah Bisa Tukar Uang NKRI Baru

Kompas.com - 19/12/2016, 13:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) telah secara resmi meluncurkan dan mengedarkan uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016.

Dengan demikian, masyarakat sudah dapat menukar uang dengan desain baru tersebut dan digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo menyebut, 45 kantor perwakilan BI di 33 provinsi di seluruh Indonesia sudah mulai melayani penukaran uang rupiah NKRI tahun emisi 2016.

Penukaran juga akan dilakukan di perbankan di seluruh Indonesia.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Warga antusias menukarkan mata uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016 di lokasi penukaran uang di Blok M Square, Jakarta, Senin (19/12/2016). Bank Indonesia resmi meluncurkan uang NKRI tahun emisi 2016 dengan menampilkan 12 pahlawan nasional yakni 7 uang rupiah kertas dan dan 4 uang rupiah logam.
"Mulai hari ini, kantor perwakilan di 33 provinsi akan sudah mulai melakukan penerimaan penukaran uang dan kami lakukan peredaran dengan perbankan," kata Agus di Jakarta, Senin (19/12/2016).

Selain itu, Agus juga melakukan sosialisasi dan peninjauan penukaran uang secara langsung di Blok M Square, Jakarta.

Di sana, Agus berkomunikasi langsung dengan masyarakat dan melakukan kegiatan belanja dengan menggunakan uang desain baru tersebut.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo menukarkan mata uang lama dengan mata uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016 di Blok M Square, Jakarta, Senin (19/12/2016). Bank Indonesia resmi meluncurkan uang NKRI tahun emisi 2016 dengan menampilkan 12 pahlawan nasional yakni 7 uang rupiah kertas dan dan 4 uang rupiah logam.
"Kami sudah siap di 33 provinsi dan denominasinya lengkap dari Rp 100.000 (hingga Rp 100)," ungkap Agus.

Uang rupiah NKRI tahun emisi 2016 menampilkan desain baru pada tujuh pecahan uang kertas rupiah dan empat pecahan uang kertas logam.

Yang menarik, pada uang baru ini terdapat 12 orang pahlawan nasional yang diabadikan sebagai gambar muka.

Baca juga: Ini Tempat untuk Penukaran Uang NKRI Desain Baru

Kompas TV Inilah Wajah Baru Rupiah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com