Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Masyarakat Bisa Dapat Uang NKRI lewat ATM?

Kompas.com - 20/12/2016, 11:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia sudah secara resmi mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016.

Akan tetapi, apakah masyarakat luas sudah bisa memperoleh uang NKRI desain baru tersebut melalui perbankan?

Corporate Secretary PT Bank Mandiri Persero (Tbk) Rohan Hafas mengakui, hingga saat ini nasabah Bank Mandiri belum bisa memperoleh uang NKRI tahun emisi 2016 melalui jaringan ATM perseroan. Akan tetapi, Rohan menyatakan, uang tersebut akan didistribusikan dalam waktu dekat, termasuk ke mesin-mesin ATM Bank Mandiri.

"Belum, secepatnya akan kami lakukan," kata Rohan ketika dikonfirmasi Kompas.com, Senin (19/12/2016).

Rohan menjelaskan, mekanisme pendistribusian uang tunai secara umum, tidak terkecuali uang NKRI desain baru, adalah pada saat bank melakukan pengambilan uang tunai untuk kebutuhan kas sehari-sehari.

Pengambilan uang tersebut dilakukan di Bank Indonesia (BI). "Mengenai ketersediaannya dan waktu peredarannya, tentu kami menyesuaikan dengan BI," ujar Rohan.

Uang rupiah NKRI tahun emisi 2016 sudah diedarkan dan didistribusikan di 45 kantor perwakilan BI di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Di uang-uang desain baru tersebut terdapat gambar 12 pahlawan nasional, baik pada uang kertas maupun uang logam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com