Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10.000 ATM Link Bakal Terpasang Februari 2017

Kompas.com - 22/12/2016, 12:45 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Sistem yang mengintegrasikan pembayaran antarbank pelat merah sudah selesai dibangun.

Saat ini bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) tengah menyelesaikan penggantian booth Anjungan Tunai Mandiri (ATM) mereka dengan booth ATM Link.

“10.000 booth ATM Link selesai Februari 2017. Kalau sistemnya, sekarang juga sudah bisa,” kata Managing Director Technology and Operations PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Ogi Prastomiyono, di Jakarta, Kamis (22/12/2016).

Ogi menjelaskan, dari 10.000 booth ATM Link tersebut, Bank Mandiri sendiri mendapat tugas mengganti 3.300 booth ATM Bank Mandiri menjadi ATM Link.

Dua bank lain juga mendapat tugas dengan jumlah sama, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Adapun PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mendapat tugas untuk mengganti 100 booth ATM BTN menjadi ATM Link.

Ogi bilang, hingga akhir tahun ini emiten perbankan berkode BMRI itu akan menyelesaikan penggantian 2.300 booth.

“Yang belum sempat diganti, kami tempelkan stiker. Sehingga masyarakat tidak bingung,” kata Ogi.

Di booth ATM Link atau ATM milik bank-bank Himbara yang berstiker ATM Link, masyarakat bisa melakukan tarik tunai tanpa dikenai biaya administrasi antarbank.

“Nasabah BRI mau ngambil di ATM punya Mandiri (berstiker ATM Link) enggak bayar, nol. Tetapi belum kami sosialisasikan, belum kami umumkan secara resmi,” kata Ogi.

Dia menyebut, bank-bank BUMN akan melakukan sosialisasi pada awal tahun. Sementara itu, Ogi menambahkan, perusahaan switching yang nantinya akan menjalankan national payment gateway saat ini sedang dibangun.

Kompas TV ATM Pertama Dibuat Di London

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com